Pekan Depan RUPST, Apakah Erick Rombak Direksi SMGR & TLKM?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
12 June 2020 10:57
Gedung Kementerian BUMN (detik.com/Hendra Kusuma)

Jakarta, CNBC Indonesia - Musim pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) masih terus berlangsung bagi perusahaan terbuka yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), termasuk bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

BUMN yang akan melaksanakan RUPST pekan depan adalah PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) yang sama-sama akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB, Jumat (19/6/2020).

RUPST Telkom akan dilaksanakan di Auditorium Telkom Landmark Tower. Sedangkan Semen Indonesia akan melaksanakan rapat tahunan ini di kantornya South Quarter Tower.


Terdapat enam agenda yang akan dilaksanakan oleh kedua BUMN ini dalam rapat tersebut. Mulai dari persetujuan laporan tahunan tahun buku 2019 termasuk laporan pengawasan dari dewan komisaris.

Dalam rapat ini TLKM dan SMGR juga akan melakukan pengesahan laporan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) serta penetapan penggunaan laba bersih tahun lalu.

Acara keempat adalah penetapan tantiem dan remunerasi untuk direksi dan komisaris perusahan dilanjutkan dengan penetapan kantor akuntan publik (KAP) yang akan mengaudit laporan keuangan 2020.

Agenda keenam dan terakhir adalah perubahan susunan pengurus perusahaan yang juga diagendakan dalam RUPST kedua BUMN ini.

Berikut jajaran pengurus Telkom Indonesia dan Semen Indonesia saat ini:

BUMNFoto: CNBC Indonesia
BUMN

Seperti diberitakan beberpa waktu lalu, mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo mundur dari jabatan selaku Komisaris Utama Semen Indonesia.

Hal tersebut terungkap dalam keterbukaan informasi Semen Indonesia yang ditandatangani oleh Sekretaris Perusahaan Vita Mahreyni, Senin (16/3/2020).

Vita menjelaskan surat pengunduran diri Soekarwo tersebut diterima oleh perseroan pada 12 Maret 2020.

"Permohonan pengunduran diri Bapak Soekarwo akan diputuskan dalam Rapat Umum pemegang Saham Perseroan yang waktunya akan disampaikan lebih lanjut," ujar Vita.

Sebagai informasi, Soekarwo diangkat sebagai Komut SMGR pada 22 Mei 2019. Bahkan Soekarwo mundur sebagai pengurus Partai Demokrat karena jabatan ini.

Namun, ternyata Soekarwo hanya menjabat komut kurang dari setahun, tepatnya 10 bulan.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading