Dihantam Covid-19, Begini Dampaknya ke Alam Sutera

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 April 2020 10:44
Dok.Alam Sutera

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) menyebutkan perusahaan mengalami perlambatan marketing sales sepanjang Maret 2020 sebagai dampak dari penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia. Sementara penjualan pada Januari dan Februari dinilai masih stabil.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), perusahaan juga menyebutkan sebagai dampak dari virus ini, perseroan akan mengalami masalah keuangan, terutama dari segi beban. Lantaran utang-utang perusahaan dalam bentuk dolar Amerika Serikat.

"Marketing sales perusahaan pada bulan Januari dan Februari 2020 dapat dibilang stabil untuk Alam Sutera dan Suvarna Sutera. Namun untuk bulan Maret, Perusahaan sudah mulai melihat perlambatan marketing sales," kata manajemen perusahaan, dikutip CNBC Indonesia, Senin (20/4/2020).


Selain itu, perusahaan juga melaporkan terjadinya penurunan kunjungan di bisnis pariwisata yang dijalankannya. Penurunan aktivitas penjualan juga terjadi seperti pameran di beberapa mall sebab aktivitas di mall ini dikurangi.

Untuk mengantisipasi perlambatan marketing sales ini perusahaan telah berupaya untuk melakukan pemasaran secara digital.

Penundaan konstruksi infrastruktur dan renovasi fasilitas kawasan GWK Cultural Park juga dikurangi untuk mengantisipasi kondisi keuangan perusahaan di tengah pandemi ini.

Perusahaan menyebutkan memutuskan untuk membatasi belanja modal (capital expenditure/capex) di 2020 ini guna menjaga arus kas (cash flow).

"Saat ini Perusahaan telah menerima permintaan konsumen yang terbukti terkena dampak penurunan penghasilan dari wabah Covid-19 dan menyetujui untuk memberikan keringanan/restructure cara pembayaran," terang perusahaan.

[Gambas:Video CNBC]





(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading