IHSG Merah Gak Ngaruh, Asing Tetap Masuk Pagi Ini Rp 44 M

Market - Tirta Widi Gilang Citradi, CNBC Indonesia
09 April 2020 09:35
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak ke zona merah.
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak ke zona merah kendati pada awal perdagangan Kamis pagi ini (9/4/2020) sempat 'berbunga-bunga' di zona hijau.

Pada pembukaan perdagangan Kamis (9/4/2020), IHSG berada di posisi dengan level penutupan kemarin di 4.626,7 usai ditutup anjlok 3,18%. Pada 09.05 WIB, IHSG melesat 0,76% ke level 4.661,75.

Namun pada pukul 09.19 WIB, IHSG masih labil dengan terkoreksi 1,31% di level 4.567.


Kabar baiknya, hingga pukul 09.28 WIB, investor asing mencatatkan beli bersih atau net buy di pasar reguler sebesar Rp 44 miliar, kendati dalam sepekan ini asing masih keluar Rp 1,21 triliun di pasar reguler.

Hari ini adalah hari terakhir karena besok libur Hari Raya Paskah, bertepatan dengan peringatan wafat Yesus Kristus.

Pagi ini mayoritas bursa saham utama Asia bergerak menguat. Pada 08.43 WIB, indeks Shang Hai Composite menguat 0,37%, Hang Seng melompat 0,88%, KLCI bertambah 0,42%, Straits Times naik 1,65% dan KOSPI melesat 0,67%.


Kabar baik dari Wall Street ternyata merembet ke pasar saham Asia. Tiga indeks bursa saham utama New York ditutup dengan apresiasi dini hari tadi. Dow Jones Industrial Average (DJIA) melesat 3,44%. S&P 500 melejit 3,41%, dan Nasdaq Composite terdongkrak 2,58%.

Euforia di pasar saham AS tak terlepas dari perkembangan kasus virus corona yang mulai menunjukkan tanda-tanda sudah mencapai puncaknya. US Centers for Desease Control and Prevention (CDC) mencatat pertumbuhan jumlah kasus baru pada 8 April adalah 5,53%. Terendah sejak 29 Februari dan jauh di bawah rata-rata 22 Januari-8 April yang sebesar 20,26%.

Demikian pula dengan jumlah korban meninggal. Pada 8 April jumlah kematian akibat virus corona di AS bertambah 5,72% dibandingkan hari sebelumnya. Ini menjadi yang terendah sejak kasus kematian pertama tercatat pada 29 Februari.



Dalam risetnya, PT Valbury Sekuritas mencermati sentimen positif dari dalam negeri, di antaranya rencana pemerintah untuk menunda proyek-proyek yang memang tidak prioritas.

Sedangkan untuk proyek-proyek penting tidak direkomendasikan untuk dihentikan dan penyelesaiannya disesuaikan dengan kondisi terkini.

Pemerintah kini juga tengah fokus dalam hal penanganan covid-19, untuk itu pemerintah tengah fokus pada bidang kesehatan, jaring pengaman sosial, dan perlindungan dunia usaha.

Di sisi lain, kabar baik juga datang dari Bank Indonesia. BI optimistis, aliran modal asing akan kembali masuk ke Indonesia secara bertahap setiap kuartal. Masuknya aliran modal asing diprediksi makin deras pada kuartal IV seiring dengan meredanya dampak virus corona (Covid-19).

"Saham AS pada perdagangan Rabu ditutup menguat, harga minyak dunia cenderung naik dan perkiraan stabilitas rupiah. Akumulasi faktor positif ini membuka peluang bagi IHSG bisa melaju ke zona hijau," tulis Valbury Sekuritas, Kamis (9/4/2020).


[Gambas:Video CNBC]





(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading