Ini Peringkat Moody's untuk Obligasi Anti COVID-19 Milik RI

Market - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
07 April 2020 13:31
Moody's menetapkan peringkat utang Baa2, atau layak investasi (investment grade), bagi Surat Utang Negara (SUN) untuk atasi COVID-19,

Jakarta, CNBC Indonesia - Moody's Investors Service (Moody's) menetapkan peringkat utang Baa2, atau layak investasi (investment grade), bagi Surat Utang Negara (SUN) yang bakal diterbitkan di luar negeri untuk membantu mengatasi dampak krisis COVID-19.

Dalam rilis hari ini, Moody's menyebutkan bahwa SUN tersebut akan diterbitkan dalam mata uang dolar Amerika Serikat (AS) dengan masa jatuh tempo (tenor) selama 10-50 tahun. Outlook surat utang tersebut diganjar dengan predikat stabil untuk jangka panjang.

Penerbitan akan dilakukan sebagai bagian dari emisi surat utang berkelanjutan (shelf registered bond) senilai total US$ 10 miliar (Rp 160 triliun). Skema ini memungkinkan penerbitan obligasi beruntun dengan sekali pendaftaran.


"Menurut syarat dan ketentuan yang diperoleh Moody's, surat utang itu akan diterbitkan lewat program pendaftaran shelf yang sudah ada di otoritas bursa AS, yang mencakup kewajiban langsung, tanpa syarat maupun non-subordinasi dari pemerintah Indonesia selaku penerbit," tulis Moody's dalam keterangan resminya Selasa (7/4/2020).

 

Obligasi tersebut, lanjut lembaga pemeringkat internasional ini, memiliki rating yang bersifat pro rata dengan surat utang berdenominasi asing milik pemerintah Indonesia yang sudah maupun yang akan diterbitkan.

"Hasil emisi obligasi itu ditujukan sebagai pembiayaan belanja pemerintah secara umum termasuk di antaranya untuk membantu mengendalikan dampak krisis COVID-19 dan pemulihan perekonomian," lanjut Moody's.

Namun, tidak dijelaskan apakah obligasi tersebut merupakan Pandemic Bonds yang akan diterbitkan pemerintah, atau penerbitan obligasi global biasa yang rutin diterbitkan pemerintah.


[Gambas:Video CNBC]



TIM RISET CNBC INDONESIA


(ags/ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading