Ini Rencana Besar Telkom pada 2020

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
28 February 2020 18:24
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) bersiap mengembangkan bisnis digital yang berbasis solusi untuk pelanggan.
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) bersiap mengembangkan bisnis digital yang berbasis solusi untuk pelanggan.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah ketika CNBC Indonesia Economic Outlook 2020. "Selain capex buat infrastruktur, kami juga akan merambah ke digital, data center, cloud, big data," kata Ririek, Rabu (26/02/2020).


Dia mengatakan produk-produk berbasis digital ini akan segera diluncurkan. Selain itu Ririek mengharapkan produk ini bisa diterima dan dipahami oleh masyarakat. Ririek menegaskan pengembangan produk digital bisa meningkatkan efisiensi dan menciptakan nilai tambah.


"Sekarang produk yang kami kembangkan solution base, agar masyarakat bisa memahami dan bisa menggunakan lebih efisien. Dengan digitalisasi maka akan ada value yang di create bagi masyarakat Indonesia," katanya.

Sementara dalam pengembangan 5G, menurut Ririek masih menunggu ketersediaan spektrum dalam rangka ketersediaan jaringan 5G di Indonesia.

Saat ini Indonesia memang masih setia dengan jaringan 4G. Sebab, menurut Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, belum ada spektrum yang dipakai untuk 5G di Indonesia.

"(Jaringan) 5G butuh spektrum yang luas, 100 Megahertz (MHz)," ujarnya.


Menurutnya, saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) masih mengatur berbagai hal terkait ketersediaan spektrum tersebut. Bahkan menurutnya, negara sekelas Korea Selatan saja, belum cukup kuat untuk penggunaan jaringan 5G.

"Di Korea used case belum kuat, di sana April tahun lalu. Dampaknya ke telko negatif," terang Ririek.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading