Sensus Penduduk 2020 Dimulai, Ini Pesan Jokowi

Market - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
15 February 2020 18:29
Jokowi menggarisbawahi, hasil sensus akan jadi pertimbangan bagi pemerintah.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara mengenai pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Dia mengajak masyarakat agar berpartisipasi aktif menyukseskan gelaran tersebut.

"Data hasil Sensus Penduduk ini sangat penting. Informasi yang kita isi akan menentukan kebijakan pembangunan ke depannya," kata Jokowi melalui akun instagramnya, Sabtu (15/2/20).

Jokowi menggarisbawahi, hasil sensus akan jadi pertimbangan bagi pemerintah. "Sehingga tahu daerah mana yang membutuhkan fasilitas pendidikan, kesehatan, transportasi dan semuanya," bebernya.



Karena itu, dia menyampaikan pesan kepada masyarakat agar memberikan informasi secara akurat. Jangan sampai ada kebohongan atau informasi tidak benar yang diberikan.

"Sensus penduduk 2020 harus sukses. Yang pertama, terima kedatangan petugas sensus di rumah bapak ibu dan saudara saudara semuanya. Berikan informasi sejujurnya karena informasi yang bapak ibu berikan akan sangat menentukan kebijakan pembangunan pemerintah ke depannya," beber Jokowi.

[Gambas:Instagram]


Sebagai informasi, Pemerintah Indonesia melalui Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Dalam Negeri melakukan Sensus Penduduk (SP) 2020 secara online dalam rangkaian kegiatan Sensus Penduduk 2020.

Sensus Penduduk Online ini dimulai pada Sabtu 15 Februari pukul 00.00 WIB (tadi malam) hingga 31 Maret 2020. Sementara pada 1-31 Juli 2020 akan dilakukan Sensus Penduduk Wawancara.

Dalam situs resmi BPS, disebutkan masyarakat diminta berpartisipasi dengan melakukan cek keberadaan NIK KTP dan Nomor Kartu Keluarga (KK) apakah sudah terdaftar melalui https://sensus.bps.go.id/cek.

"Pastikan Anda dan keluarga Anda tercatat dalam Sensus Penduduk untuk data kependudukan yang akurat. Isi sensus secara online melalui: https://sensus.bps.go.id. Mohon dapat meneruskan informasi ini kepada seluruh sahabat, rekan kerja, lingkungan komunitas, lingkungan keluarga, tetangga, dan seluruh kontak atau grup medsos yang Bapak/Ibu miliki," tulis pengumuman BPS.

"Saya ingin semua teman-teman, dari pusat sampai kabupaten, 16.000 pegawai BPS punya komitmen yang kuat untuk menyukseskan SP2020. Inilah saatnya kita memberikan kontribusi tidak hanya untuk BPS, tapi untuk masa depan bangsa," ujar Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto, dalam Apel Siaga Sensus Penduduk 2020, di Jakarta, Jumat (14/2/2020), dikutip CNBC Indonesia, Sabtu ini (15/2).


Kecuk menegaskan SP2020 ini langkah besar perstatistikan nasional dengan dimulainya sensus secara online yang menjadi salah satu terobosan di SP2020.

"Ini diperlukan dengan dua tujuan, pertama karena kita menyadari bahwa mobilitas masyarakat sangat tinggi, mereka sangat sibuk sehingga kita memberi kesempatan pada masyarakat untuk berpartisipasi, sekaligus kita ingin meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kita semua punya tanggungjawab untuk sadar administrasi," kata Kecuk.

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading