Duet Erick-Nadiem Dihadapan Mahasiswa, Ngapain?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
12 February 2020 16:54
Program magang bagi mahasiswa dari sejumlah universitas di Indonesia ini dilakukan melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI).
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama untuk melaksanakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Program magang bagi mahasiswa dari sejumlah universitas di Indonesia ini dilakukan melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Dalam sambutannya Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan program pemagangan ini menjadi salah satu upaya bagi 142 perusahaan BUMN untuk mulai bekerja sama dengan universitas-universitas untuk menjaring sumber daya manusia yang baik dan memberikan kesempatan belajar di lapangan kepada mahasiswa.


"Dan kita tidak misalnya sama kaya yang udah-udah bumn ga bangun ekosistem yang sehat. Misalnya punya universitas apalagi program yang sekarang Menteri Pendidikan Pak Nadiem kan jelas karena mereka memberikan kesempatan para mahasiswa mereka belajar. Intinya apa, tidak hanya didapat di kelas tapi juga di luar kelas," kata Erick.


Selain itu, program ini dinilai juga dapat memberikan sarana untuk melakukan link and match antara teori yang dipelajari oleh mahasiswa di bangku perkuliahan dengan dunia profesional.

Lebih lanjut, menyinggung hal yang sama, Mendikbud Nadiem Makarim menyatakan program pemagangan ini dinilai menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk penguatan karakter. Sehingga ketika mahasiswa sudah lulus, tak akan kaget dengan kondisi yang dihadapkan menjadi berbeda dengan di dunia perkuliahan.


"Mengarahkan mahasiswa buat kerja saja tapi juga penguatan karakter karena ga bisa dilakukan kalau dilatih di kolam renang, harus di laut terbuka. Di kolam renang ga ada arus, ga ada hiu, ga ada ombak. Kita harus jadikan karakter resiliensi dan latih mahasiswa di laut terbuka. Jadi saat dia terjun ke laut dia tidak shock mengalami tantangan dan punya soft skill dan knowledge untuk masa depannya," jelasnya di kesempatan yang sama.

Nadiem juga menyebutkan, kerja sama BUMN dengan bidang pendidikan ini dinilai juga dapat menjadi salah satu investasi besar untuk menjadi sustainability perusahaan ke depannya. Yakni untuk mempersiapkan regenerasi kepemimpinan BUMN ke depannya.

[Gambas:Video CNBC]




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading