Jelang Tutup Tahun, 5 Saham LQ45 Ini Paling Cemerlang Sepekan

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
27 December 2019 18:12
Beberapa saham LQ45 mengalami penguatan luar biasa pada pekan-pekan terakhir sebelum penutupan perdagangan saham pada akhir tahun 2019. Foto: Infografis/ Anggota baru Indeks LQ45 Yang Masuk dan Yang Terdepak /Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa saham yang menjadi konstituen indeks LQ45 mengalami penguatan luar biasa pada pekan-pekan terakhir sebelum penutupan perdagangan saham pada akhir tahun 2019.

Perdagangan pada minggu ini hanya berlangsung selama tiga hari karena memperingati Hari Raya Natal selama dua hari yakni 24-25 Desember. Secara akumulatif, indeks saham unggulan di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut mengalami penguatan 0,43%.

Lima saham LQ-45 yang paling melesat dalam sepekan ialah: PT Matahari Department Store Tbk/LPPF (+8,79%), PT Erajaya Swasembada Tbk/ERAA (+7,16%), PT Unilever Indonesia Tbk/UNVR (+4,58%), PT Chandra Asri Petrochemical Tbk/TPIA (+4,51%), PT Perusahaan Gas Negara Tbk/PGAS (+4,17%).

Indeks LQ-45 merupakan indeks yang terdiri dari 45 saham paling likuid disertai kapitalisasi pasar besar serta fundamental baik. Kinerjanya sejak awal tahun hingga penutupan Jumat (27/12/2019) telah menguat 4,07%, atau lebih baik dari IHSG yang hanya 2,18%.

Salah satu penyebab melesatnya saham-saham LQ-45 dan saham-saham berkapitalisasi pasar besar (big capitalization/big cap) dikarenakan masuknya dana-dana asing (foreign investor) ke pasar saham dalam negeri.

Dalam sebulan terakhir asing mencatatkan beli bersih Rp 2,71 triliun di pasar reguler. Angka tersebut membengkak hingga Rp 7,6 triliun jika ditambah dengan transaksi yang terjadi di pasar negosiasi dan tunai.

Adanya fenomena window dressing pada bulan Desember kerap kali terjadi karena dimanfaatkan oleh Manajer Investasi (MI) maupun emiten itu guna mengangkat performa sahamnya di akhir tahun. Selama bulan Desember kinerja LQ-45 melesat 6,88%, lebih tinggi dari IHSG sebesar 5,88%.

Artikel Selanjutnya

Ini 5 Saham LQ45 Paling Cuan


(yam/yam)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading