Waspada! Ada 'Makhluk' Binary Option yang Kena Red Alert FBI

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
08 December 2019 17:12
Binary Option adalah instrumen investasi/trading yang pernah dapat red alert dari FBI
Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang Indonesia yang sudah mulai melek pentingnya berinvestasi. Namun tak semua memahami bahwa ada bahaya mengintai di balik produk investasi bodong yang beredar.

Seiring dengan berjalannya waktu, literasi keuangan masyarakat Indonesia semakin membaik. Salah satu indikatornya adalah pertambahan jumlah investor ritel dari waktu ke waktu.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melihat pertumbuhan jumlah investor yang terjadi sejak 2015 tergolong sangat pesat. Perkembangan terbaru berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menunjukkan jumlah investor di pasar modal tanah air mencapai 2,31 juta per akhir Oktober 2019.


Jumlah tersebut meningkat 42,72% dibanding akhir tahun lalu yang hanya berjumlah 1,61 juta investor. Kenaikan jumlah investor menunjukkan bahwa sudah mulai banyak masyarakat Indonesia yang melek investasi terutama di pasar keuangan.

Namun, ada beberapa hal yang juga perlu diwaspadai terutama dalam hal memilih instrumen investasi agar tujuan investasi terpenuhi alias untung. Instrumen investasi dapat digolongkan berdasarkan profil risikonya. Mulai dari yang paling rendah seperti emas hingga yang berisiko tinggi seperti saham, komoditas dan derivatif lainnya.

Salah satu yang memiliki risiko tinggi adalah instrumen binary option. Instrumen ini bahkan telah membuat Federal Bureau Investigation (FBI) mewanti-wanti bahayanya investasi di binary option.

Sebenarnya makhluk seperti apakah binary option ini? Mengapa sampai FBI memberikan peringatan?

Bila kita tulis binary option di Google, maka muncul 151 juta pencarian, artinya istilah ini cukup populer. Selain itu, itu sistem perdagangan ini melekat dengan embel-embel investasi yang menjanjikan dan mudah untuk dapat uang. Bagaimana kenyataannya?

Mengutip situs resmi FBI, secara sederhana binary option adalah suatu kontrak terhadap suatu aset (saham/forex/komoditas) yang keuntungannya didasarkan pada opsi naik/turun atau ya/tidak.

Berbeda dengan trading saham atau komoditas, binary option tidak memberikan kesempatan bagi traders untuk benar-benar membeli saham atau komoditas yang diperdagangkan, melainkan hanya bertaruh apakah harganya akan naik atau turun.
Kenali Makhluk Bernama Binary Option yang 'Berbahaya'
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading