Investasi Emas Cuan 13%, Tapi Ada yang Lebih Tinggi Lho!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
30 November 2019 17:30
Emas memang memberi keuntungan. Namun ternyata ada aset lain yang lebih cuan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bicara aset yang paling mendatangkan keuntungan pada tahun ini, emas adalah jawaban yang cukup jamak. Benar, emas memang memberi keuntungan. Namun ternyata ada aset lain yang lebih cuan.

Mengutip Reuters, emas memberi keuntungan 13,7% selama Januari-November 2019. Pada periode yang sama tahun sebelumnya, emas malah turun 6,3%.

Cuan 13,7% tidak buruk kan? Tidak buruk, tetapi kalau mau untung lebih besar mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menempatkan dana di instrumen lain.


Ternyata aset dengan keuntungan tertinggi sejak awal tahun adalah indeks S&P 500. Secara year-to-date, S&P 500 menguat 28,1%. Jauh membaik dibandingkan periode yang sama pada 2018 yang hanya naik 4,4%.



Di peringkat kedua ada MSCI Developed Equities. Ini adalah indeks yang merangkum saham-saham terbaik dari emiten negara maju.

Sejak awal tahun, MSCI Developed Equities tumbuh 22,8%. Pada Januari-November 2018, indeks ini malah minus 1,7%.

Lalu di peringkat ketiga ada MSCI All Country Stock. Indeks ini lebih umum, mengumpulkan saham-saham terbaik dari seluruh negara.

Sepanjang Januari-November tahun ini, MSCI All Country Stock naik 20,6%. Padahal dalam periode yang sama tahun sebelumnya, indeks ini terkoreksi 4,8%.

Bahkan minyak pun memberikan keuntungan yang lebih tinggi ketimbang emas. Pada Januari-November 2019, harga minyak jenis brent naik 18,7%. Jauh membaik dibandingkan Januari-November 2018 yang anjlok 12,1%.

Jadi, apakah Anda sudah siap berburu cuan yang lebih besar?

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading