Terbawa Angin Positif Damai Dagang, Wall Street Dibuka Naik

Market - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
21 October 2019 20:48
Terbawa Angin Positif Damai Dagang, Wall Street Dibuka Naik

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Amerika Serikat (AS) dibuka menguat pada perdagangan Senin (21/10/2019), dibakar optimisme yang kembali mengemuka seputar damai dagang AS-China dan kinerja emiten AS.

Indeks Dow Jones Industrial Average (Dow Jones) menguat 26 poin (0,1%) pada pukul 08:30 waktu setempat (20:30 WIB), dan 15 menit kemudian bertambah menjadi 40,95 poin (0,15%) ke 26.811,15. Indeks Nasdaq naik 53,81 poin (0,67%) ke 8.144,33 sementara indeks S&P 500 bertambah 14,86 poin (0,5%) ke 3.001,9.

Wakil Perdana Menteri China Liu He mengatakan bahwa pihaknya bakal bekerja sama degan AS untuk membahas apa yang menjadi keprihatinan kedua belah pihak. Dia juga mengatakan bahwa ada "kemajuan substansial" seputar perdagangan. Beijing juga setuju bahwa penghentian perang dagang akan bagus untuk kedua negara dan juga perekonomian global.

Komentar tersebut selang 10 hari setelah Presiden AS Donald Trump (pada 11 Oktober) mengatakan Beijing dan Washington telah mencapai kesepakatan tahap pertama. Trump juga saat itu menyatakan bahwa kesepakatan dagang diharapkan bisa ditekan sebelum forum Kerja-Sama Ekonomi Asia-Pasifik digelar di Chile pada pertengahan November.

"Ada ketakpastian yang benar-benar menunggu di berbagai tempat, termasuk perdagangan global dan aktivitas manufaktur yang lemah, perdagangan yang diwarnai aroma proteksionistis, dan banyak titik api dalam poitik domestik dan internasional," tulis MRB Partners dalam laporan risetnya, sebagaimana dikutip CNBC International.

Investor juga masih memperhatikan musim laporan keuangan, dengan lebih dari 120 perusahaan di dalam S&P 500 bakal merilis kinerjanya seperti McDonald's, Ford Motor, Boeing dan Caterpillar.

Sejauh ini, emiten utama yang telah merilis laporan keuangan membukukan kinerja di atas ekspektasi pasar, seperti misalnya J.P. Morgan Chase, Bank of America, Netflix dan Citigroup.

TIM RISET CNBC INDONESIA





(ags/ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading