Ini Dia Enam Saham Blue Chips Penyelamat IHSG Hari Ini

Market - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
16 October 2019 18:45
Ini Dia Enam Saham Blue Chips Penyelamat IHSG Hari Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Lonjakan serentak enam saham unggulan ini menyokong penyelamatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) karena melonjak di menit-menit akhir perdagangan pasar saham, atau injury time.

Enam saham unggulan, atau yang biasa disebut blue chips, yang membawa indeks pasar saham ke zona hijau dari jeratan koreksi adalah PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR).

Dua saham lain yang turut melambungkan pasar saham di momen terakhir perdagangan adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).


Saham UNVR, BBRI, dan BBCA masing-masing menguat 1,9%, 1,27%, dan 0,65%. Meskipun penguatan BBCA tidak sampai 1%, tetapi kenaikannya berbobot 4,37 poin terhadap kenaikan keseluruhan IHSG. Tiga nama saham lain yaitu SMGR, BBCA, dan SMGR masing-masingnya naik 0,76%, 1,4%, dan 2,02% pada penutupan hari ini dibanding kemarin.




Hari ini, IHSG hampir berakhir di zona merah tetapi entah dari mana (out of nowhere) terjadi dinamika pasar yang sering dicap sebagai aksi mengatrol harga saham di akhir perdagangan (marking the close) pada keenam saham dengan bobot raksasa di pasar saham tersebut.

Volatilitas indeks utama di pasar saham domestik tersebut memang luar biasa hari ini, cukup tinggi, karena menghijau di awal perdagangan, masuk ke zona koreksi, kembali lagi ke angka positif, berbalik melemah, dan ditarik di akhir-akhir perdagangan langsung dari zona pelemahan. IHSG akhirnya ditutup menguat tipis 0,19% menjadi 6.169.





TIM RISET CNBC INDONESIA


(irv/irv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading