Wall Street Dibuka Melejit Sambut Angin Segar Nego Dagang

Market - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
11 October 2019 21:04
Wall Street Dibuka Melejit Sambut Angin Segar Nego Dagang Foto: Reuters
Jakarta, CNBC Indonesia -- Bursa saham Amerika Serikat (AS) dibuka meroket pada pembukaan perdagangan Jumat (11/10/2019) menyusul angin segar yang dihembuskan oleh Presiden AS Donald Trump terkait dengan kemajuan negosiasi perdagangan antara kedua belah pihak.

Dow Jones Industrial Average melompat hingga 372,77 poin (1,41%) ke 26.869,44. Sementara itu, Indeks Nasdaq tumbuh 130 poin (1,63%) ke 8.082,6 dan indeks S&P 500 bertambah 43,7 poin (1,49%) ke 2.981,65.

"Hal yang bagus terjadi dalam pertemuan negosiasi dagang dengan China. Suasana lebih jangat di masa lalu, seperti masa indah dulu. Aku akan menemui Wakil Perdana Menteri hari ini. Semua pihak ingin melihat sesuatu yang signifikan terjadi," tulis Trump dalam cuitannya.


Hari ini, delegasi perundingan dari pihak China dikomandoi Perdana Menteri Liu He sedangkan perwakilan dagang AS dipimpin oleh Kepala Perwakilan Dagang Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin.


"Saya pikir ini berjalan sangat baik. Saya akan mengatakan, saya pikir ini berjalan dengan sangat baik," ujar Trump sebelum meninggalkan Washington untuk kampanye di Minnesota, dikutip dari CNBC International.

Asa damai dagang kembali membuncah, di mana pelaku pasar berharap dua kekuatan ekonomi terbesar dunia tersebut dapat segera menghentikan friksi yang sudah berlangsung sekitar 15 bulan dan semoga hasil pertemuan pekan ini dapat menunda pengenaan tarif yang dijadwalkan akan naik pekan depan.

Beberapa analis menyampaikan bahwa dialog dagang kali ini tidak akan menghasilkan kesepakatan secara keseluruhan, tapi setidaknya kesepakatan parsial. Hal yang sama juga disampaikan oleh salah satu pejabat Gedung Putih.

"Saya percaya bahkan ada kemungkinan perjanjian mata uang minggu ini. Saya pikir itu dapat menyebabkan keputusan oleh pemerintah AS untuk tidak mengenakan kenaikan bea masuk pada 15 Oktober," ujar Myron Brilliant, Kepala Hubungan Internasional dari Kantor Perwakilan Dagang AS, dikutip dari Reuters.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(ags/ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading