Dialog AS-China Lancar, Bursa Saham Asia Kompak Melaju

Market - Dwi Ayuningtyas, CNBC Indonesia
11 October 2019 17:16
Dialog AS-China Lancar, Bursa Saham Asia Kompak Melaju
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham utama kawasan Asia kompak merayakan happy weekend pada perdagangan pekan ini seiring dengan membucahnya optimisme terkait diskusi dagang lanjutan level tinggi antara Amerika Serikat (AS) dan China yang sedang berlangsung di Washington.

Pada penutupan perdagangan hari ini (11/10/2019), indeks Hang Seng melesat 2,34%, indeks Shanghai menguat 0,88%, indeks Nikkei naik 1,15%, indeks Kospi naik 0,81%, dan indeks Straits Times menguat 0,79%.

Pelaku pasar di Benua Kuning sumringah setelah Presiden AS Donald Trump mengirimkan sinyal optimisme atas hasil diskusi dagang hari pertama antara pihak China yang dikomandoi Perdana Menteri Liu He dan perwakilan dagang AS yang dipimpin oleh Kepala Perwakilan Dagang Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin.


"Saya pikir ini berjalan sangat baik. Saya akan mengatakan, saya pikir ini berjalan dengan sangat baik," ujar Trump sebelum meninggalkan Washington untuk kampanye di Minnesota, dikutip dari CNBC International.

Trump dijadwalkan akan ikut serta pada diskusi dagang hari ini di gedung putih, di mana hal itu telah disampaikan dalam cuitan di akun Twitter pribadinya.

"Hari besar negosiasi dengan China. Mereka ingin mencapai kesepakatan, tapi apakah aku mau? Aku bertemu dengan Wakil Perdana Menteri besok di Gedung Putih."


Lebih lanjut, salah satu pejabat di Gedung Putih menyampaikan bahwa diskusi berlangsung sangat baik, bahkan mungkin "lebih baik dari ekspektasi," dilansir dari Reuters.

Para delegasi berpotensi sepakat pada kesepakatan kecil seperti isu terkait mata uang dan perlindungan hak cipta.

"Saya percaya bahkan ada kemungkinan perjanjian mata uang minggu ini. Saya pikir itu dapat menyebabkan keputusan oleh pemerintah AS untuk tidak mengenakan kenaikan bea masuk pada 15 Oktober," ujar Myron Brilliant, Kepala Hubungan Internasional dari Kantor Perwakilan Dagang AS, dikutip dari Reuters.

Meskipun demikian analis menyampaikan bahwa pertemuan kali ini tidak akan menghasilkan kesepakatan yang menyeluruh, tapi hanya sebagian.

"Skenario terbaik mungkin hanya akan mendapat kesepakatan parsial (sebagian)," ujar Alex Wong, Direktur Manajemen Aset di Ample Capital, dikutip dari CNBC International.

"Saya pikir kita tidak akan melihat hasil (kesepakatan) yang sangat kuat hari ini," tambah Wong.

TIM RISET CNBC INDONESIA (dwa/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading