Ulasan Teknikal IHSG

Tutup di Zona Hijau, Besok IHSG Berpotensi Menguat Lagi

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
08 October 2019 18:29
Tutup di Zona Hijau, Besok IHSG Berpotensi Menguat Lagi Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Luthfi Rahman

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah tersengat pelemahan lumayan dalam pada pembukaan perdagangan awal pekan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil membalik keadaan dengan penguatan sebesar 39 poin atau 0,65% ke level 6.039,6 pada Selasa (8/10/2019).

Sektor finansial dan konsumer berhasil membawa ke zona hijau dengan penguatan masing-masing 0,92% dan 1,35%. Sebanyak 229 saham menguat dan 167 saham turun, sisanya 155 stagnan.

Secara teknikal, tekanan beli mulai muncul sehingga IHSG hari ini ditutup dengan membentuk pola bullish harami yang mengkonfirmasi akan sinyal kenaikan.

Peluang penguatannya pada esok hari menjadi cukup terbuka secara momentum pergerakannya, mengingat IHSG belum pada batas jenuh belinya (overbought) menurut indikator Relative Strength Index (RSI).

Tututp di Zona Hijau, Besok IHSG Berpotensi Menguat Lagi_HOLDSumber: Tim Riset CNBC Indonesia, Refinitiv

Penguatan IHSG hari ini mulai terlihat kala dibuka positif dengan penguatan sebesar 0,35% karena technical rebound pada beberapa saham blue chips yang terkoreksi kemarin. Penguatannya kemudian berlanjut hingga sembilan menit kemudian IHSG menyentuh level tertingginya di level 6.046.

Selepas itu, penguatan IHSG berangsur-angsur turun tetapi tidak sampai ke zona merah. Hingga penutupan sesi I, IHSG masih mampu menguat 0,37% ke level 6.022. Memasuki sesi kedua, IHSG bergerak menyamping dan mampu mempertahankan pergerakannya di zona hijau searah dengan pergerakan bursa-bursa utama Asia.

Pada hari ini bursa utama rata-rata ditutup di zona hijau: Indeks Nikkei 225 menguat 0,99%, Hang Seng terangkat 0,28%, Shanghai komposit naik 0,29%, Kospi terbang 1,21%, dan Straits Times juga terangkat 0,37%.

IHSG sendiri penguatannya bertambah pada waktu pasca perdagangan (aftermarket) sebanyak 19 poin dengan penguatan akhir 0,65%, faktor technical rebound pada perdagangan hari ini lebih mendominasi jalannya perdagangan di tengah perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir.

Di sisi lain pelaku pasar juga menanti pidato oleh beberapa petinggi Bank Sentral AS The Federal Reserve/The Fed, Presiden Fed Chicago Charles Evans akan berpidato esok dini hari nanti. Perlu diketahui bahwa pada akhir bulan ini The Fed akan memutuskan kebijakan suku bunga terbarunya sehingga komentar para petinggi The Fed akan cukup diperhatikan.

TIM RISET CNBC INDONESIA





(yam/yam)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading