AS-China Lanjutkan Dialog, Futures Wall Street Naik Tipis

Market - Dwi Ayuningtyas, CNBC Indonesia
20 September 2019 18:11
Pada pukul 18:00 WIB, kontrak futures Dow Jones dan S&P 500 naik masing-masing 48,21 poin dan 5,36 poin. Sementara kontrak futures Nasdaq menguat 15,96 poin.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada perdagangan pre-market hari ini (20/9/2019), tiga indeks utama Wall Street tercatat menguat terbatas seiring dilanjutkannya kembali perbincangan level deputi antara perwakilan dagang Amerika Serikat (AS) dan China di Washington.

Pada pukul 18:00 WIB, kontrak futures Dow Jones dan S&P 500 naik masing-masing 48,21 poin dan 5,36 poin. Sementara kontrak futures Nasdaq menguat 15,96 poin.

Diskusi dagang tingkat deputi akan kembali dilanjutkan hari ini guna merumuskan dasar untuk negosiasi tingkat tinggi yang rencananya akan digelar pada bulan depan di Washington, dilansir dari CNBC International.


Dalam negosiasi tersebut, perwakilan delegasi Negeri Tiongkok dipimpin oleh Liao Min selaku Wakil Menteri Keuangan China, dan Negeri Paman Sam mengutus Jeffrey Gerrish selaku Deputi Kantor Perwakilan Dagang AS.

Melansir Global Times selaku media yang dikontrol oleh Partai Komunis China, ditunjuknya Liao Min untuk memimpin delegasi China dipandang oleh para analis dapat membawa angin segar bagi hubungan dagang AS-China. Untuk diketahui, delegasi China dalam perbincangan guna mempersiapkan negosiasi tingkat tinggi dengan AS sebelumnya dipimpin oleh Wakil Menteri Perdagangan Wang Shouwen.

Lebih lanjut, kabar terbaru datang dari Kantor Perwakilan Dagang AS yang dijadwalkan akan merilis dokumen berisi ketetapan bahwa Negeri Paman Sam akan mengecualikan untuk sementara 400 produk importasi asal China, seperti diwartakan Politico, dilansir dari CNBC International.

Produk tersebut merupakan sebagian dari daftar produk asal Negeri Tiongkok senilai US$ 250 miliar yang dikenakan tarif sejak tahun lalu, termasuk di dalamnya lampu pohon natal, sedotan plastik, kalung anjing, dan papan sirkuit.

"Ini mengindikasikan bahwa kedua belah pihak telah menetapkan bahwa ekskalasi (perang dagang) lebih lanjut tidak diinginkan saat ini, sehingga mereka berusaha untuk menciptakan atmosfer positif sebelum putaran perundingan di bulan Oktober," ujar Stephen Olson, peneliti di Henrich Foundation, dilansir CNBC International.

Harapan damai dagang yang terus mencuat menjadi katalis positif bagi Wall Street untuk dapat memulai perdagangan hari ini di zona hijau.

Pada hari ini investor akan mencermati indikasi arah kebijakan moneter Negeri Paman Sam melalui pidato dari dua anggota Bank Sentral AS, yakni Presiden The Fed New York John Williams pukul 19:15 WIB dan Presiden The Fed Boston Eric Rosengren pukul 22:20 WIB.

TIM RISET CNBC INDONESIA
(dwa/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading