Ulasan Teknikal Saham

Saham APLN Melesat, Energi Beli Masih Terlihat Hari Ini

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
04 September 2019 06:20
Harga saham PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) melonjak di bursa saham pada hari Selasa (3/9/19).
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) melonjak di bursa saham pada hari Selasa (3/9/19). Saham pengembang properti tersebut ditutup naik 50 poin atau 26,6% ke level Rp 238/unit saham.

Transaksi pada saham tersebut terbilang sangat ramai mencapai Rp 200,89 miliar, jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya yang hanya Rp 3,49 miliar. Peningkatan harganya yang diiringi kenaikan volume menandakan saham tersebut sedang diminati pelaku pasar.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang disampaikan kepada otoritas bursa per Senin (2/9), APLN telah mengantongi perjanjian fasilitas II pada 24 Mei 2019 yang mencapai Rp 2,6 triliun yang akan digunakan untuk melunasi utang.


Sebelumnya APLN mengalami kesulitan likuiditas untuk melakukan pembayaran utang-utangnya. Sekretaris Perusahaan Agung Podomoro, Justini Omas mengatakan utang yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat senilai Rp 1,17 triliun, yang merupakan fasilitas pinjaman yang telah diperpanjang hingga 30 September 2019 dari sebelumnya pada 6 Juni 2019

Bagaimana prospek sahamnya hari ini? Secara teknikal, potensi harga sahamnya kembali naik masih terbuka seiring terbentuknya pola lilin putih panjang (long white candle). Pola tersebut menggambarkan tekanan beli yang sangat besar.

Hold_HOLDSumber: Tim Riset CNBC Indonesia (Refinitiv)
Tren bullish pada saham tersebut ditunjukkan oleh pergerakan harganya yang berada di atas rata-rata nilainya dalam lima hari terakhir, atau moving average five/MA5. Secara momentum harganya belum masuk ke dalam wilayah jenuh belinya (overbought) menurut indikator teknikal stochastic slow.

Ada potensi harganya menguji level Rp 200/saham, sebagai penghalang kenaikan harganya yang terdekat (resistance). Sedangkan penghalang penurunan harganya (support) yang terdekat berada di Rp 225/saham.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(yam/yam)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading