Sowan ke Jokowi, Apa yang Akan Ditawarkan Bos Softbank?

Market - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
27 July 2019 07:19
Sowan ke Jokowi, Apa yang Akan Ditawarkan Bos Softbank?
Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia akan kedatangan salah satu investor kelas kakap asal Jepang, SoftBank. Menurut rencana Awal pekan depan Petinggi Softbank akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa CEO Softbank Masayoshi Son yang akan bertemu dengan Jokowi untuk menawarkan investasi sejumlah investasi.

"Softbank nanti Senin pertemuannya, Masayoshi Son kita lihat lah, dia kan bikin fund kedua US$ 108 miliar," katanya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Jumat (26/7/2019).



Menurut Luhut sebelum bertemu dengan Presiden Jokowi, petinggi SoftBank akan bertemu dan makan pagi dengan para anak-anak muda yang mengembangkan teknologi di Indonesia.

"Dia bikin Fund kedua [SoftBank Vision Fund 2] US$1,8 miliar. Nanti berapa yang masuk ke Indonesia, ya kita lihatlah nanti," jelas Luhut.

Luhut menambahkan dalam pertemuan dengan anak muda bidang teknologi akan dihadiri perwakilan perusahaan ride hailing Grab.

"Menurut mereka Indonesia itu seksi sekali dalam bidang teknologi," tambah Luhut.

Kembangkan AI
Beberapa waktu lalu, Softbank mengumumkan pendanaan besar kedua yang akan digunakan untuk menyuntik perusahaan teknologi yang mengembangkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Diperkirakan total dana yang akan dikumpulkan dalam SoftBank Vision Fund 2 ini akan mencapai US$108 miliar atau setara Rp 1.512 triliun.

Beberapa perusahaan terkemuka yang diharapkan berpartisipasi dalam Vision Fund 2 meliputi: Apple, Microsoft, perakit iPhone Foxconn, Standard Chartered Bank, Mizuho Bank, Sumitomo Mitsui Banking Corporation dan MUFG Bank.

SotfBank Vision Fund 1 berhasil mengumpulkan dana sebesar US$100 miliar dan diinvestasikan kepada perusahaan teknologi dan telekomunikasi global. Investasi ini memberikan return 45% setelah biaya atas ekuitas bersih. Dana ini diinvestasikan pada Uber, Slack, We Company serta e-commerce India Flipkart.

Dalam Softbank Vision Fund 1 ini lembaga pengelolaan kekayaan asal Arab Saudi dan Abu Dhabi jadi penyetor terbanyak. Namun pada Vision Fund 2 ini lembaga tersebut tidak ikut bergabung.


Luhut belum tahu berapa investasi yang bakal ditanamkan ke Indonesia. Namun, Luhut mengatakan, banyak perusahaan-perusahaan teknologi Indonesia yang siap menerima suntikan modal.

"Nanti berapa yang masuk Indonesia kita lihat nanti, karena banyak dalam bidang-bidang teknologi yang anak-anak muda. Nanti Senin saya makan pagi sama dia, hari Senin jam 8. Nanti habis itu ke Presiden," ujarnya.

Luhut menambahkan, Indonesia saat ini sedang menarik di mata investor, khususnya untuk bidang teknologi.

"Banyak sekali, itu kan Grab juga ada, perusahaan bidang teknologi banyak sekali, karena Indonesia lagi seksi menurut mereka dalam bidang teknologi," tutupnya.


Softbank Siap Investasi Ratusan Miliar Dolar untuk AI
[Gambas:Video CNBC] (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading