Bank Mandiri: Kemungkinan Bunga Acuan BI Turun 25 Bps

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
17 July 2019 18:35
Bank Mandiri: Kemungkinan Bunga Acuan BI Turun 25 Bps
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri/BMRI) memperkirakan Bank Indonesia (BI) akan menurunkan tingkat suku bunga 25 bps dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) pekan ini.

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan The Fed diperkirakan akan menurunkan tingkat bunganya. Dengan kemungkinan tersebut, maka bank sentral lainnya juga akan ikut melakukan hal serupa.

"Ada kemungkinan turun 25bps (7DRR). Karena faktor global dari The Fed kemungkinan akan turunkan juga FRR sebesar 25bps," kata Panji di Plaza Mandiri, Rabu (17/7/2019).


Dia menyebutkan, turunnya tingkat suku bunga BI ini menjadi 5,75% akan berdampak turunnya cost of fund di perbankan secara industri. Dampak lainnya akan membantu memperbaiki Net Interest Margin (NIM) Mandiri yang saat ini mengalami penurunan.

"Enam bulan ke depan dengan suku bunga turun dan pelonggaran GWM itu Mandiri ketambahan (likuiditas) Rp 4 triliun yang siap digunakan," lanjut dia.

Konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia memperkirakan Gubernur Perry Warjiyo dan kolega menurunkan BI 7 Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,75%. Dari 14 institusi yang berparitisipasi dalam pembentukan konsensus, hanya dua yang memperkirakan suku bunga acuan masih bertahan di 6%.




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading