Analisis Teknikal IHSG

Semua Hepi, IHSG Ditutup dengan Tinggalkan Sinyal Reli

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
31 May 2019 18:12
Semua Hepi, IHSG Ditutup dengan Tinggalkan Sinyal Reli
Jakarta,CNBC Indonesia - Perlahan namun pasti Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) membalikkan keadaan setalah tertekan hebat pada perdagangan dua pekan lalu. Namun, pada pekan selanjutnya IHSG mampu bangkit dengan penguatan 3,96% dan dilanjutkan penguatan 2,5% pada minggu ini.

Pada minggu ke dua bulan Mei tersebut, IHSG sempat amblas 6,16% karena defisit neraca dagang yang mencapai US$ 2,5 miliar. Namun berkat Lembaga pemeringkat (rating agency) Standard and Poor's (S&P) yang menyematkan ratings peringkat layak investasi "BBB" hari ini membuat IHSG bangkit.

Pada hari ini IHSG menutup perdagangan dengan penguatan 1,72% ke level 6.209, Jumat (31/5/2019). Penguatan IHSG diikuti pembelian bersih (net buy) investor asing senilai Rp 1,25 triliun di pasar reguler. Dalam sepekan asing telah membukukan net buy Rp 1,71 triliun.


Tidak hanya IHSG, rupiah pun menutup pekan dengan indah jelang libur panjang. Kala penutupan pasar spot, rupiah menguat 0,87% pada level harga Rp 14.270/$US.

Secara teknikal, IHSG bisa dikatakan sedang bullish. Pola lilin putih penuh (white marubozu) yang terbentuk memperkuat indikasi tersebut, pola tersebut terjadi karena IHSG berakhir di level tertingginya pada hari ini.
Sumber: Refinitiv
IHSG bahkan terlihat mantap akan menguat kembali dengan bergerak di atas rata-rata nilainya dalam dua puluh hari terakhir (moving average/MA5), yang artinya menuju tren penguatan dalam jangka menengah.

Selama sepekan ke depan, IHSG akan libur menyambut hari raya Idul Fitri. Bursa akan diliburkan mulai tanggal 3 - 7 Mei 2019, dan baru akan dibuka kembali pada hari Senin (10/6/2019).

TIM RISET CNBC INDONESIA (yam/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading