Analisis Teknikal

Jangan Kendor, Ada Peluang Rupiah Terus Menguat Hari Ini

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
17 May 2019 13:03
Jangan Kendor, Ada Peluang Rupiah Terus Menguat Hari Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Hingga pertengahan perdagangan Jumat (17/5/19) rupiah berhasil menguat meski sebelumnya harus bolak-balik ke zona merah. Dolar AS memang sedang berjaya, namun rupiah juga punya peluang menguat atau setidaknya koreksi setelah mengalami pelemahan cukup dalam belakangan ini.

Bahkan rupiah sudah dekat dari level terlemah 2019 di kisaran 14.485 yang disentuh pada 3 Januari lalu. Selain itu Bank Indonesia (BI) juga dilaporkan sudah melakukan intervensi guna menjaga nilai tukar rupiah agar tidak melemah semakin dalam, melansir Reuters.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, saat konferensi pers Kamis (16/5/19) mengatakan, telah melakukan intervensi ganda di pasar valas dan pasar Surat Berharga Negara (SBN) untuk menjaga nilai tukar rupiah.



Analisis Teknikal

Jangan Kendor, Ada Peluang Rupiah Terus Menguat Hari Ini Grafik: Rupiah (USD/IDR) Harian                                             Sumber: MetaTrader 5


Secara harian, rupiah yang disimbolkan dengan USD/IDR masih bergerak di atas rerata (Moving Average/MA) 20 hari (garis merah) yang sudah menyilang dengan MA 5 /rerata 5 hari (garis biru).

Indikator Stochastic (grafik bagian bawah) berada di area jenuh beli (overbought) dalam waktu yang cukup lama, seharusnya menjadi sinyal akan ada pembalikan harga (penguatan rupiah), tetapi masih belum terjadi.

Pada pukul 11:30 WIB, rupiah menguat ke kisaran Rp 14.447, mengutip kuotasi investing.com, berada dekat MA 5 berada di kisaran Rp 14.440. Ini bisa menjadi peluang penguatan rupiah lebih lanjut jika mampu menembus MA 5.

Jangan Kendor, Ada Peluang Rupiah Terus Menguat Hari Ini Grafik: Rupiah (USD/IDR) 1 Jam                                           Sumber: MetaTrader 5


Sementara pada grafik 1 jam, rupiah sudah bergerak di bawah MA 5 (rerata 5 jam) dan MA 20 (rerata 20 jam).

Indikator Stochastic bergerak turun dan sudah menyentuh area jenuh jual (oversold), sehingga rupiah kemungkinan akan kembali melemah jika gagal melewati area Rp 14.440.

Jika mampu menembus ke bawah Rp 14.440, rupiah berpeluang menguat ke support (tahanan bawah) terdekat berada di kisaran Rp 14.420.


TIM RISET CNBC INDONESIA  (pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading