Saham Jasa Marga Ikut Terseret Pelemahan IHSG

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
15 May 2019 12:22
Saham Jasa Marga Ikut Terseret Pelemahan IHSG
Jakarta, CNBC Indonesia - Kondisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang cenderung turun berpengaruh pada kinerja saham PT Jasa Marga Tbk (JSMR). IHSG sejak dua hari ini memerah dan kinerjanya sudah di bawah penutupan 2018.

Pada kondisi tersebut saham dengan fundamental baik pun terpaksa mengalami koreksi. Dalam sepekan terakhir, saham JSMR mengalami penurunan hingga 6,19%.

Sedangkan sejak awal tahun, kinerja JSMR masih tercatat naik 23,83%. Namun investor asing masih cenderung belum masuk ke saham pelat merah tersebut dengan membukukan jual bersih (net sell), senilai Rp 49,71 miliar sejak awal tahun.

Pada perdagangan sesi I pukul, harga saham JSMR mengalami pelemahan sebesar 2,75% ke level Rp 5.300/unit saham. Volume transaksi mencapai 586 ribu unit saham senilai Rp 3,13 miliar.


Perusahaan konstruksi dan jalan tol milik negara tersebut, hingga bulan Maret tahun ini hanya mampu membukukan pemasukan Rp 7,64 triliun, turun 20,76% year-on-year (YoY).

Jika dirinci, penyebab terpangkasnya penjualan JSMR pada kuartal I-2019 dikarenakan pos pemasukan utama perusahaan yang menurun, pendapatan konstruksi tercatat anjlok hingga 29,45% secara tahunan.

Pada 3 bulan pertama, pendapatan konstruksi tercatat sebesar Rp 5,12 triliun, turun signifikan dibanding periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp 7,25 triliun.

Untuk tahun 2019, perseroan akan menggelontorkan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 27 triliun. Penyerapan capex tersebut rencananya akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan ke depan.

Secara pergerakan, harga saham JSMR cenderung bergerak turun (downtrend). Hal ini terlihat dari posisinya yang bergerak di bawah rata-rata harganya dalam lima hari hari terakhir (moving average/MA5) pada angka 5.455/saham. (yam/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading