Pemilu 2019

Dolar AS Bangkit, Rupiah Cuek Karena Punya Jokowi Effect

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
18 April 2019 09:35
Dolar AS Bangkit, Rupiah Cuek Karena Punya Jokowi Effect
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Meski dolar AS sudah mulai bangkit di level global, tetapi rupiah cuek dan terus menguat. 

Pada Kamis (18/4/2019) pukul 09:00 WIB, US$ 1 dibanderol Rp 14.005. Rupiah menguat 0,53% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. 

Penguatan rupiah terasa spesial karena saat ini sebagian besar mata uang utama Asia melemah di hadapan greenback. Selain rupiah, cuma rupee India dan yen Jepang yang menguat. 


Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama Asia pada pukul 09:24 WIB: 

 

Mata uang Asia ramai-ramai melemah karena dolar AS mulai bangkit. Pada pukul 09:25 WIB, Dollar Index (yang mencerminkan posisi greenback terhadap enam mata uang utama dunia) sudah menguat 0,02%. 

Maklum, dolar AS sudah agak lama tertekan. Dalam sepekan terakhir, Dollar Index melemah 0,16%. Dolar AS yang sudah murah membuat investor tertarik dan memborong mata uang Negeri Paman Sam. 

Namun rupiah cuek, abai dengan kebangkitan dolar AS. Pasalnya ada sentimen domestik yang sangat kuat sehingga mampu membendung keperkasaan greenback. 

Kemarin, rakyat Indonesia berpartisipasi dalam pesta demokrasi Pemilu 2019. Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) beberapa institusi, pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin unggul atas pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. 


Harus diakui bahwa investor memang lebih nyaman jika Jokowi kembali menjadi presiden. Sebab, terpilihnya Jokowi memberi kepastian bahwa kebijakan pemerintah tidak akan berubah signifikan. Plus berbagai reformasi struktural seperti pembenahan defisit transaksi berjalan (current account) akan dilanjutkan. 

Rupiah pun kembali menjalani napak tilas pada 2014. Saat Jokowi dikabarkan menang dalam Pilpres 5 tahun lalu, rupiah menguat cukup signifikan. 

Dahsyat juga Jokowi Effect ini...



TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading