Permintaan Melambat, Fiat PHK 1.500 Karyawan

Market - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
29 March 2019 12:40
Permintaan Melambat, Fiat PHK 1.500 Karyawan
Jakarta, CNBC Indonesia - Pabrikan mobil Fiat Chrysler Automobiles NV mengatakan pada Kamis (28/3/2019) akan menghapuskan satu shift di pabrik perakitannya di Windsor, Ontario, Kanada, tempat Fiat memproduksi minivannya.

Penghapusan satu shift kerja itu akan mengakibatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.500 pekerja.



Pembuat mobil Italia-Amerika itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penghapusan shiftnya, yang akan berlaku pada 30 September, adalah untuk merespons permintaan global yang melambat.


Perusahaan mengatakan akan menawarkan pesangon kepada karyawan yang memenuhi syarat dan berupaya menempatkan karyawan yang di-PHK tanpa batas waktu ke posisi penuh waktu yang kosong.

Permintaan Melambat, Fiat PHK 1.500 KaryawanFoto: Seorang pria duduk di samping Fiat 500C Topolino merah klasik selama Pertemuan Klasik Kairo ke-7 di Kairo, Mesir, 23 Maret 2019. Foto diambil 23 Maret 2019. (REUTERS / Mohamed Abd El Ghany)

Awal pekan ini, media Kanada melaporkan Fiat Chrysler akan menutup pabrik selama dua minggu pada bulan April. Ini adalah ketiga kali di tahun ini pabrik telah ditutup sementara.

Perusahaan ini telah menjual lebih dari 12 juta minivan, sejak diperkenalkan oleh Chrysler pada 1983. Perusahaan juga telah menjual lebih dari 500.000 unit dalam setahun pada awal 1990-an.



Selama dekade terakhir, penjualan telah menyusut karena banyak pembuat mobil berhenti memproduksi minivan dan lebih banyak pembeli AS memilih kendaraan sport.

Tahun lalu, Fiat Chrysler menjual 270.000 Chrysler Pacifica dan minivan Dodge Grand Caravan di Amerika Serikat. Hingga Februari, penjualan minivan perusahaan di AS turun sekitar 25%. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading