Wall Street Bersemangat Perundingan AS-China Dimulai Lagi

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
29 March 2019 06:20
Wall Street Bersemangat Perundingan AS-China Dimulai Lagi
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks-indeks acuan Wall Street ditutup menguat, Kamis (28/3/2019), saat perundingan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China dibuka lagi di hari yang sama di Beijing.

Dow Jones Industrial Average menguat 0,36%, S&P 500 juga bertambah 0,36%, dan Nasdaq Composite naik 0,34%.



Reuters melaporkan bahwa para pejabat China membuat penawaran yang lebih berani terkait transfer teknologi paksa dan juga poin-poin perundingan lainnya yang selama ini masih menjadi batu sandungan.


Seorang pejabat AS mengatakan China telah mengajukan proposal untuk dirundingkan, yang isinya banyak berubah dibandingkan proposal yang lalu. Hal itu diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan untuk memenuhi tuntutan AS yang telah memaksa China untuk membuat perubahan struktural dalam ekonominya.

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin tengah berada di Beijing untuk bertemu Wakil Perdana Menteri China Liu He dan melanjutkan pembicaraan perdagangan mereka.

Perang dagang antara AS dan China telah lama menjadi isu kunci bagi Wall Street. Sebab, para investor cemas ketegangan yang berkepanjangan di antara dua ekonomi terbesar dunia itu akan mengganggu laba perusahaan dan pertumbuhan ekonomi, dilansir dari CNBC International.



Pembicaraan itu terjadi saat AS dikhawatirkan akan jatuh ke jurang resesi. Yield obligasi pemerintah bertenor 10 tahun sempat jatuh ke level terendahnya sejak Desember 2017.

Selain itu, yield obligasi tiga bulan kini berada di atas tenor 10 tahun atau inversi yield yang dipandang banyak kalangan sebagai pertanda akan datangnya resesi.

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading