Mengawali Pekan Ini, Bursa Tokyo Ditutup Menguat 0,5%

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
11 March 2019 13:44
Mengawali Pekan Ini, Bursa Tokyo Ditutup Menguat 0,5%
Tokyo, CNBC Indonesia - Bursa saham Tokyo ditutup menguat pada perdagangan hari pertama pekan ini, Senin (11/3/2019). Penguatan tersebut mengikuti kenaikan di Bursa China, pada saat investor menunggu rilis data baru penjualan ritel Amerika Serikat (AS) untuk menilai kesehatan ekonomi utama dunia.

Indeks Nikkei 225 ditututp naik 0,47% atau bertambah 99,53 poin menjadi 21.125,09, sementara indeks Topix yang lebih luas naik 0,57% atau 9,00 poin, menjadi 1.581,44.

Kenaikan di sebagian besar bursa utama dunia itu terjadi lantaran adanya peningkatan akan optimisme terkait damai dagang AS-China membuat instrumen berisiko seperti saham menjadi incaran investor. Beijing menegaskan pihak-nya bekerja siang dan malam demi terciptanya kesepakatan dagang dengan AS.


Bahkan, China sudah mulai bicara soal menghapus pengenaan bea masuk. "Bea masuk menurunkan kepercayaan investor dan membuat korporasi menunda investasinya.

Sekarang, kedua pihak bekerja keras untuk mencapai kesepakatan. Semua itu bertujuan untuk menghapus bea masuk sehingga perdagangan AS-China menjadi normal kembali," jelas Wakil Menteri Perdagangan China Wang Shouwen, mengutip Reuters.

China pun berupaya untuk memenuhi keingingan AS, salah satunya adalah reformasi kebijakan subsidi. Kepala Komisi Administrasi dan Pengawasan Aset Negara China Xiao Yaqing menyatakan bahwa Beijing sedang membereskan isu ini.

"Bisa dibilang China tidak memiliki regulasi yang secara spesifik mengatur subsidi bagi perusahaan milik negara. Oleh karena itu, China sedang membersihkan dan menyusun standar untuk berbagai subsidi," ungkap Xiao, dikutip dari Reuters. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading