Jokowi Janji dari Lampung Sampai Aceh Tersambung Tol, Kapan?

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
08 March 2019 11:22
Jokowi Janji dari Lampung Sampai Aceh Tersambung Tol, Kapan?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan jalan di wilayah Lampung-Aceh akan tersambung tol tanpa putus pada 2024 mendatang.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni - Terbanggi Besar, Lampung Selatan, Jumat (8/3/2019).

"ini [ruas Bakauheni - Terbanggi Besar] adalah bagiabn dari Lampung sampai Aceh. Kapan kira-kira tersambung? Saya jawab 2024 Lampung - Aceh akan tersambungkan," kata Jokowi di lokasi peresmian.


Pemerintah memang untuk pertama kalinya dalam sejarah membangun Jalan Tol di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, atau Aceh yang ditandai dengan pembangunan Jalan Tol Banda Aceh - Sigli.

Jokowi Janji dari Lampung Sampai Aceh Tersambung Tol, Kapan?Foto: Peresmian jalan tol ruas bakauheni terbanggi besar. (CNBC Indonesia)


"Bukan sesuatu yang dulu kita bayangkan bahwa ini akan bisa sambung. Demikian juga dari Bakauheni sampai ke titik nol di Aceh. Mungkin orang juga akan sangsi," kata Jokowi akhir tahun lalu di Aceh.

Pada 2024 nanti, kepala negara meyakini jalan tol Lampung - Aceh yang diperkirakan memiliki ruas sepanjang 2.700 kilometer akan tersambung tol tanpa terputus.

"Dari Bakauheni Palembang ini akan sambung Insya Allah nanti di bulan April sepanjang 350 kilometer," kata Jokowi dalam kesempatan tersebut.

Jokowi pun meminta dukungan dari pemerintah daerah terutama dalam hal pembebasan dan penyediaan lahan bagi proyek pembangunan yang selama ini kerap menjadi hambatan utama pembangunan jalan tol.

Kepala negara mengingatkan, bahwa pembangunan jalan tol merupakan prasyarat bagi semua negara untuk dapat bersaing dengan negara lainnya, terutama dalam membuka akses pengembangan ekonomi daerah.






Simak Video Infrastruktur di Tangan Jokowi
[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading