Analisis Teknikal

Menakar Kinerja 3 Saham Setelah Naik Signifikan Kemarin

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
12 February 2019 09:32
Menakar Kinerja 3 Saham Setelah Naik Signifikan Kemarin
Jakarta, CNBC Indonesia - Tiga saham berikut mengalami kenaikan harga sangat tinggi pada perdagangan, Senin (11/2/2019). Secara persentase ketiga saham tersebut masuk jajaran top gainer dengan peningkatan volume yang signifikan.

Untuk melihat prospek pergerakannya hari ini, Tim Riset CNBC Indonesia melakukan analisis secara teknikal terhadap saham PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD), PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL) dan PT Intermedia Capital Tbk (MDIA). Berikut analisis teknikalnya:

1. PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD)


Sumber: Refinitiv
Saham berkode LEAD tersebut tiba-tiba mengalami lonjakan harga sangat fantastis hingga menembus level auto rejection sistem bursa. Pada perdagangan kemarin, saham tersebut mengalami kenaikan 23 poin (+34,32%) ke level Rp 90/unit saham.

Volume transaksi LEAD terlihat meningkat sangat pesat hingga Rp 78 miliar, jauh lebih tinggi dari nilai sebelumnya yang hanya Rp 4.2 miliar. Secara teknikal, kenaikan volume menandakan keyakinan pelaku pasar yang meningkat pada suatu saham.

Peluang LEAD kembali menguat cukup terbuka, pola lilin putih panjang (long white candle) yang terbentuk pada perdagangan terakhir mengindikasikan potensi penguatan pada perdagangan selanjutnya.

Disamping itu, posisinya kembali bergerak di atas rata-ratanya nilainya selama dua puluh hari (moving average five/MA20).


2. PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL)

Sumber: Refinitiv
Saham berkode DWGL tersebut juga mengalami lonjakan harga pada perdagangan Senin (11/2/2019). DWGL mengalami kenaikan 32 poin (+34,04%) ke harga Rp 126/unit saham.

Berdasarkan grafik yang terbentuk, DWGL berpotensi berakhir di teritori negatif. Meskipun telah terbentuk pola lilin putih penuh (white marubozu) yang menandakan penguatan. Secara momentum, harga saham DWGL tersebut telah memasuki wilayah jenuh belinya (overbought).

3. PT Intermedia Capital Tbk (MDIA)

Foto: yazid

Saham yang bergerak dalam industri media tersebut mengalami lonjakan harga yang cukup fantastis. Saham MDIA mengalami kenaikan 31 poin (+25,4%) ke harga Rp 153/unit saham.

Berdasarkan grafik yang terbentuk, MDIA juga berpotensi berakhir di teritori negatif. Meskipun telah terbentuk pola lilin putih panjang (long white candle). Secara historikal, saham tersebut kurang mampu bertahan ketika mendekati level resistance harganya yang berada di Rp 160/unit saham.

TIM RISET CNBC INDONESIA (yam/yam)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading