Analisis Teknikal

Ramai Aksi Beli, IHSG Lanjutkan Tren Naik

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
10 January 2019 17:50
Ramai Aksi Beli, IHSG Lanjutkan Tren Naik
Jakarta,CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakhiri perdagangan hari ini dengan penguatan. Investor, baik lokal maupun asing sama-sama melakukan aksi beli hingga membuat IHSG terangkat 0,9% ke level 6.328.

Penguatan IHSG mulai terlihat ketika dibuka menguat 0,35%. Penguatan tersebut dipicu sentimen positif dari global yakni rilis notulensi rapat (minutes of meeting) bank sentral AS, The Federal Reserve/The Fed, edisi Desember 2018 yang cenderung dovish atau menahan laju kenaikan suku bunga.

Secara teknikal, IHSG masih berada di jalur kenaikan (uptrend) dalam jangka menengah. Tren tersebut juga dapat di lihat dari indikator teknikal rerata pergerakan konvergen dan divergen (moving average convergence divergence/ MACD), di mana IHSG pada posisi persilangan emas (golden cross) atau cenderung menguat.
Sumber: Refinitiv

Secara jangka pendek, IHSG juga masih cenderung menguat, terlihat dari posisinya yang bergerak di atas garis rata-rata level nilainya selama lima hari (moving average/MA5).


Perdagangan hari ini juga didukung dengan volume perdagangan yang meningkat hingga Rp 10,77 triliun, lebih tinggi dari transaksi sebelumnya Rp 9,73 triliun. Volume yang lebih tinggi tersebut merefleksikan keyakinan pelaku pasar terhadap kinerja IHSG ke depan. Adapun level yang berpotensi diuji IHSG esok hari berada di level 6.350.

TIM RISET CNBC INDONESIA (yam/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading