Sepak Terjang Sunarso, yang Kembali Ditunjuk Jadi Wadirut BRI

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
03 January 2019 19:24
Sepak Terjang Sunarso, yang Kembali Ditunjuk Jadi Wadirut BRI
Jakarta, CNBC Indonesia - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) resmi menunjuk Sunarso sebagai Wakil Direktur Utama (Wadirut) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Penunjukkan Sunarso sebagai Wadirut BRI terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya, dia hanya satu tahun menjadi bos Pegadaian dan kembali ke jabatan awalnya sebagai Wadirut BRI.

Sebelum menjadi Wadirut BRI, Sunarso merupakan bankir yang membangun karirnya di Bank Dagang Negara (BDN). Setelah BDN di merger dan bersalin nama menjadi Bank Mandiri, pria kelahiran Pasuruan ini melanjutkan karir di bank berlogo pita kuning ini.


Di Bank Mandiri, Sunarso merupakan bankir yang berprestasi. Salah satu prestasinya adalah berhasil menyusun skema pembiayaan kepada sektor kelapa sawit.

Pada 2010, pemegang saham Bank Mandiri memberikan mandat sebagai direksi Bank Mandiri. Ia menduduki jabatan sebagai direktur commersial & Business Banking selama lima tahun.

Pada 2015, Kementerian BUMN memberikan mandat bagi pada Sunarso. Ia ditunjuk sebagai wakil direktur utama BRI mendamping Asmawi Syam yang ditunjuk sebagai direktur utama.

Sunarso tak sampai tuntas menjalankan amanat ini. Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) hanya dua tahun menjalani peran ini. Pada Oktober 2017, Kementerian BUMN menunjuk Sunarso sebagai direktur utama Pegadaian (Persero).

Kementerian BUMN minta Sunarso mengembangkan Pegadaian yang sedang dihadapkan pada masalah perubahan gaya hidup masyarakat ke arah digital dan bisnis Pegadaian yang digerogoti perusahaan gadai swasata.

Ternyata Sunarso hanya bertahan satu tahun di Pegadaian, hari ini (3/1/2019) RUPSLB menunjuknya kembali sebagai wadirut BRI.


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading