Jadi Perusahaan Terbaik Dunia, Inilah Rahasia Bank Mandiri

Market - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
29 October 2018 10:37
Jadi Perusahaan Terbaik Dunia, Inilah Rahasia Bank Mandiri
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) baru saja menyabet gelar The World Best Employers 2018 atau Perusahaan terbaik di dunia untuk bekerja yang dirilis Forbes.

Bank Mandiri berada di urutan 11 dunia, mengalahkan perusahaan global lainnya, seperti Facebook, Nestle, dan Ferrari. Bank Mandiri menjadi urutan teratas The World Best Employers 2018 untuk lingkup Indonesia, mengalahkan seluruh perusahaan swasta dan BUMN.

Mengenai penghargaan tersebut, Kepatuhan Bank Mandiri yang membawahi Human Capital Agus Dwi Handaya (ADH) buka-bukaan rahasia untuk menggenjot produktifitas karyawan, terutama kalangan milenial yang mulai mendominasi secara jumlah.


Menurutnya, generasi milenial, lanjut ADH, merupakan generasi yang dikenal kreatif, borderless, tech savvy, dan tidak sungkan dalam berpendapat. Karakter ini menjadi salah satu kekuatan positif jika dapat dikelola dengan baik.

"Banyak sekali sarana yang kita ciptakan buat teman-teman milenial sehingga mereka bisa bahagia dalam bekerja, lebih produktif dan bisa berinovasi dengan baik," ujar ADH saat berbincang dengan CNBC Indonesia di Plaza Mandiri, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (26/10/2018).

Menurut ADH, dalam membangun kebahagiaan dan produktivitas, Bank Mandiri menggunakan pendekatan smell of the place yang artinya mengelola berbagai elemen kerja baik fisikal maupun emosional agar tercipta suasana yang membuat karyawan bahagian dan produktif.

Dengan pendekatan ini ada empat elemen yang dibangun. Pertama, role model dan komunikasi. Elemen ini bertujuan membangun komunikasi dan hubungan antara pimpinan dengan atasan serta antar kolega yang lebih egaliter, terbuka dan informal, baik dalam aktivitas kerja sehari-hari maupun acara-acara kebersamaan.

"Pimpinan unit juga dlatih untuk bisa ber-story telling, asking the right question dan membimbing timnya untuk menemukan tujuan dalam bekerja," ujar ADH.

Kedua, Fasilitas dan simbol. Disini Bank Mandiri menyediakan berbagai fasilitas dan ruang kerja yang lebih santai a la start up company, sesuai dengan selera para milenial. Bank Mandiri juga menyediakan fasilitas untuk hobi dan seni, olah raga baik indoor maupun outdoor.

"Kami juga memiliki Mandiri Club yang mengorganisir komunitas berbagai hobi dan cabang olah raga yang diminati pegawai," ujar ADH.

Disamping itu, Bank Mandiri juga memberikan fasilitas ruang laktasi bagi pegawai yang masih menyusui anak dan day care untuk anak usia 1-5 tahun sehingga pegawai bisa membawa anaknya ke kantor, serta memperkenankan pegawai berbusana kerja informal pada waktu tertentu.

Elemen ketiga, lanjut ADH, adalah Kapabilitas. Pada elemen ini, Bank Mandiri menyediakan berbagai training, pelatihan dan pendidikan melalui kerjasama dengan berbagai kampus terbaik di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kapabilitas teknis, soft-skill, leadership dan menjadikan karyawan sebagai pembelajar yang tangguh (growth mindset).

Mandiri juga memiliki Mandiri Inkubator untuk membina para start up fintech generasi milenial. Disamping itu, perseroan pun memberikan kesempatan dan melatih para difabel untuk berkontribusi di Bank Mandiri.

Keempat, elemen manajemen kinerja. Pada elemen ini Bank Mandiri mengimplementasikan berbagai tools dan metode untuk memperkuat accountability pengukuran kinerja karyawan. Dalam kaitan tersebut Bank Mandiri juga menyediakan berbagai program untuk mengapresiasi pegawai, mulai dari hal yang basic seperti gaji, bonus dan berbagai fasilitas tunjangan hingga program apresiasi khusus.

"Perubahan suasana kerja dengan nuansa yang kental milenial dan digital di Bank Mandiri, tidak terlepas dari leadership Direktur Utama, Pak Tiko, yang style-nya kekinian, muda, cerdas, terbuka, informal dan egaliter. Beliau adalah Role Model yang sangat tepat dengan kondisi saat ini." ungkap ADH.

Jadi Perusahaan Terbaik Dunia, Ini Rahasia Bank MandiriFoto: Infografis/Mandiri Masuk Jajaran Atas Rorld's Best Employers/Aristya Rahadian Krisabella
(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading