Saham Amazon Anjlok, Kekayaan Jeff Bezos Berkurang Rp 212 T

Market - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
27 October 2018 15:37
Saham Amazon Anjlok, Kekayaan Jeff Bezos Berkurang Rp 212 T
New York, CNBC Indonesia - Kekayaan CEO Amazon Jeff Bezos harus rela menerima kenyataan kekayaan pribadinya merosot pada Jumat (26/10/2018) setelah saham Amazon anjlok karena laba kuartal III-2018 yang kurang memuaskan. Tak tanggung-tanggung, nilai penurunannya mencapai $14 miliar atau setara Rp 212,67 triliun.

Pada Rabu lalu, menurut Bloomberg seperti dikutip dari akun instragam CNBC kekayaan bersih Bezos masih senilai $ 138 miliar. Penurunan nilai kekayaan tersebutini merupakan reaksi terhadap laporan Amazon, yang lebih rendah dari yang diharapkan untuk musim liburan yang akan datang. Amazon ditutup 7,82 persen untuk hari itu.

Meskipun laba per saham mencapai $ 5,75 mengalahkan estimasi pelaku pasa $ 3,14, menurut Refinitiv, namun pertumbuhan pendapatan Amazon lebih lambat dari yang diperkirakan. Analis memperkirakan $ 57,10 miliar pendapatan untuk kuartal ini, menurut Refinitiv, dan Amazon melaporkan $ 56,6 miliar.

Selanjutnya, untuk kuartal keempat, menunjukkan pertumbuhan cenderung melambat selama musim belanja utama. Namun, perusahaan berharap untuk melihat pertumbuhan untuk bisnis cloud dan iklan laba-laba yang tinggi.

Sebelumnya, Amazon kehilangan kapitalisasi pasar sebesar US$68,1 miliar (Rp 1.034 triliun) pada Jumat (26/10/2018). Setelah harga saham peritel online tersebut jatuh karena respons yang kurang menyenangkan dari investor atas kinerja kuartal yang kurang menggembirakan, jauh dari ekspekatasi pelaku pasar.


Kejatuhan harga saham Amazon tersebut, membuat nilai kapitalisasi raksasa perangkat lunak Microsoft menjadi perusahaan terbesar kedua di Amerika Serikat (AS).

Perusahaan e-commerce raksasa yang didirikan Jeff Bezos jatuh 7,8% pada hari terakhir perdagangan. Ini adalah hari terburuk untuk saham Amazon sejak 24 Oktober 2014. Kapitalisasi pasar Amazon sekarang US$803,28 miliar, Bezos sendiri kehilangan US$11 miliar dalam nilai ekuitas, Jumat. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading