Sukses Selenggarakan Asian Games, Saham SMCA Malah Tren Turun

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
19 October 2018 - 13:13
Sukses Selenggarakan Asian Games, Saham SMCA Malah Tren Turun
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) anjlok pada perdagangan sesi I hari ini. Rilis kinerja perseroan yang tak sesuai dengan ekspektasi pasar jadi sentimen negatif bagi perseroan.

Pada perdagangan sesi I, harga saham SCMA turun 3,92% menjadi Rp 1.751/saham. Volume perdagangan saham SCMA tercatat mencapai 21,64 miliar senilai Rp 36,94 miliar.

Harga saham SCMA dari awal tahun hingga siang ini tercatat terkoreksi 30,85%. Koreksi paling besar justru terjadi di 3 bulan ini 21,69%.
Selain itu, saham SCMA juga banyak dilepas investor asing pada sesi I dengan nilai Rp 13,28 miliar.


Mirae Asset Sekuritas dalam risetnya kemarin, mengatakan kinerja yang diperoleh perseroan tersebut di bawah konsesus tapi masih sesuai dan sejalan dengan yang diharapkan.

Konsesus analis memperkirakan, laba bersih perseroan pada periode tersebut berkontribusi 80% dari target laba bersih perseroan di tahun ini yakni Rp 1,49 triliun. Sedangkan kinerja rilis yang dikeluarkan perseroan yakni laba bersih 72% dari total target laba bersih selama setahun.

Sementara untuk pendapatan perseroan masih di bawah konsesus Mirae yakni 76% dari total target pendapatan yakni Rp 4,97 triliun. Sedangkan pendapatan net SCMA senilai Rp 3,79 triliun hingga kuartal III-2018 atau tumbuh 10,82% YoY.

Sebagai tambahan informasi, faktor pendorong bottom line (laba) pada kuartal III perusahaan juga didorong dengan beban keuangan yang turun signifikan dari sebelumnya Rp 13,53 miliar pada kuartal III-2017 menjadi Rp 2,34 miliar di tahun ini.

Sedangkan bagian laba dari entitas asosiasi juga meningkat dengan laba bersih senilai Rp 13,7 miliar dibandingkan dengan kerugian dari entitas asosiasi senilai Rp 465,27 juta.

Kinerja yang cukup positif tersebut juga belum tercermin dari harga saham perseroan selama sebulan terakhir yang turun 3,72% dan sejak awal tahun (year to date/Ytd) yang negatif 27,02%.

Analis RHB Sekuritas Henry Wibowo dalam risetnya mengatakan rilis kinerja perseroan di kuartal III sudah sesuai dengan ekspektasi. Pendapatan dan laba bersih perseroan tumbuh setelah sukses menyiarkan Asian Games, oleh SCTV dan Indosiar, secara eksklusif.

Perbaikan ini merupakan momentum bagi SCMC yang pertumbuhannya melambat dari 2-3 tahun terakhir. "Laba bersih yang dibukukan pada semester I hanya tumbuh 0,7% dan melesat hingga 9% pada sembilan bulan pertama 2018," kata Henry.

RHB Sekuritas memberikan rekomendasi beli pasa saham ini, dengan target harga Rp 2.800/saham.

[Gambas:Video CNBC] (hps/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading