Berambisi Cetak Laba, Mahaka Media Bertumpu Pada Iklan

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 September 2018 17:14
Tahun ini manajemen Mahaka menargetkan mencetak laba bersih Rp 6 miliar. Hingga semester I-2018, Mahaka rugi bersih Rp 7,32 miliar.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Mahaka Media Tbk (ABBA) akan mendorong pendapatan dari iklan di beberapa medianya untuk menutupi kerugian yang menggunung hingga semester pertama tahun ini. Pasalnya, di 2018 ini perusahaan menargetkan agar perusahaan sudah bisa mencetak laba hingga Rp 6 miliar.

Direktur Utama Mahaka Media Adrian Syarkawi mengatakan strategi di semester kedua ini akan kembali menggenjot permintaan iklan terutama di media cetak mengingat lini bisnis ini yang memberikan kontribusi iklan paling besar dibanding dengan bisnis lainnya.


"Kami sudah breakdwon bahwa konstribusi revenue yang paling besar itu dari mana yang berimpact signifikan ke bottom line. Yang kita bsia lihat adalah lebih baik iklan yang dipush daripada event," kata Adrian di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (20/9).


Menurut dia, iklan memberikan pemasukan yang lebih positif kepada perusahaan mengingat cost yang lebih rendah, untuk itu perusahaan akan memaksimalkan pendapatan untuk lini ini. Meski, menurut data Nielsen belanja iklan cenderung lebih rendah pada semester I-2018 year on year.

Adrian menilai hal tersebut disebabkan karena adanya peralihan dari iklan cetak ke iklan digital. Untuk mensiasati hal tersebut, perusahaan juga akan meningkatkan jumlah LED yang dimiliki untuk menggaet pengiklan yang lebih banyak.

"Kalau billboard kan terbatas cuma satu pengiklan saja, sedangkan kalau pakai LED kan bisa lebih dari satu pengiklan," jelas dia.

Menurut Adrian, pendapatan dari iklan ini berkontribusi paling besar yakni mencapai 70%-75% dari total pendapatan konsolidasi perusahaan tiap tahunnya. Sisanya disumbangkan dari event dan pendapatan digital.

Adapun sepanjang tahun ini perusahaan menargetkan pendapatan akan mencpaai Rp 300 miliar.

Asal tahu saja, hingga semester I-2018, Mahaka mencatatkan rugi bersih sebesar Rp 7,32 miliar. Angka ini meningkatkan dibandingkan periode yang sama tahun sebelum, rugi Rp 1,12 miliar.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading