Sentimen Eksternal Kondusif, IHSG ke Zona Hijau

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
28 August 2018 09:22
Sentimen Eksternal Kondusif, IHSG ke Zona Hijau
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,46% ke level 6.053,9 pada pagi hari ini. Penguatan IHSG senada dengan bursa saham utama kawasan Asia yang sebelumnya juga dibuka di zona hijau: indeks Nikkei naik 0,74%, indeks Kospi naik 0,43%, indeks Shanghai naik 0,05%, indeks Strait Times naik 0,58%, dan indeks Hang Seng naik 0,88%.

Tercapainya kesepakatan bilateral antara AS dan Meksiko terkait perubahan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) membuat investor bersemangat untuk masuk ke bursa saham Benua Kuning.

Salah satu poin kesepakatan AS-Meksiko adalah di sektor otomotif. Kandungan dalam negeri dalam produk otomotif dinaikkan dari 62,5% menjadi 75%. Ini akan menggairahkan produksi otomotif di kedua negara.


Terjalinnya kesepakatan dengan Meksiko lantas membuat investor optimis bahwa kesepakatan dengan negara NAFTA lainnya yaitu Kanada juga bisa tercapai. Terlebih, pernyataan positif sudah terlontar dari pihak Negeri Daun Maple.

"Kanada akan bergabung di dalam diskusi isu bilateral maupun trilateral. Kami senang melakukannya, apalagi saat isu bilateral Meksiko-AS telah selesai," papar Chrystia Freeland, Menteri Luar Negeri Kanada.

Tidak hanya dengan para tetangganya yakni Meksiko dan Kanada, AS pun bergerak cepat untuk menyelesaikan negosiasi dengan Uni Eropa. Bulan lalu, Presiden AS Donald Trump telah bertemu dengan Presiden Uni Eropa Jean-Claude Juncker dan keduanya telah menyepakati sejumlah hal di bidang perdagangan seperti pembelian kedelai dan gas alam cair (LNG) AS oleh Uni Eropa.

Emely Haber, Duta Besar Jerman untuk AS, mengungkapkan kelompok kerja yang dibentuk AS-Uni Eropa sudah melakukan pertemuan untuk mempercepat penyelesaian detil-detil kesepakatan dagang. Pembicaraan ini ditargetkan rampung sebelum Mei 2019, saat pemilihan parlemen Uni Eropa.

"AS ingin agar segera ada penyelesaian. Kami punya agenda pemilihan parlemen tahun depan. Kesepakatan akan dicapai sebelum pemilihan tersebut," kata Haber, dikutip dari Reuters.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading