7 Saham Indonesia Masuk Indeks FTSE Asia-Pacific, Apa Saja?

Market - Houtmand P Saragih & Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
24 August 2018 20:59
7 Saham Indonesia Masuk Indeks FTSE Asia-Pacific, Apa Saja?
Jakarta, CNBC Indonesia - Tujuh saham Indonesia masuk ke rangkaian FTSE Indeks Saham Regional Global Asia Pasifik ex-Jepang (FTSE Global Equity Index Series Asia Pacific ex Japan Regional Index).

Ketujuh saham tersebut adalah PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS), PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), dan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP). Selanjutnya adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), dan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP). 

Berdasarkan pengumuman di situs FTSE Russel hari ini (24/8/18), masuknya ketujuh saham tersebut akan efektif setelah penutupan pasar pada Jumat, 21 September 2018, atau berarti akan efektif pada Senin, 24 September 2018.


Penilaian terhadap penghuni (konstituen) indeks tersebut merupakan hal rutin yang dilakukan setiap setengah tahun (enam bulan) sekali. 

Rangkaian indeks tersebut memiliki beberapa klasifikasi yang didasari kapitalisasi pasar (market capitalization), yaitu seluruh kelas (all caps), market cap besar, menengah, dan kecil. 

Di sisi lain, lima saham lain justru ditendang dari beberapa seri tersebut. Kelimanya adalah PT Semen Baturaja Tbk (SMBR), PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON), PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), dan PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK). 

Berikut selengkapnya peruabahan indeks tersebut yang didasari pembagian market cap yang jumlah konstituennya beragam. 

FTSE All Caps (LMS)
Penghuni BaruTKIM, TOPS, TRAM
DikeluarkanSMBR, JPFA, WTON, MPPA, LPCK
FTSE All World (LM)
Penghuni BaruINKP
Dikeluarkan-
FTSE Large Cap
Penghuni BaruINKP
DikeluarkanINDF, KLBF, INTP
FTSE Mid Cap
Penghuni BaruINDF, KLBF, INTP
Dikeluarkan-
FTSE Small Cap
Penghuni BaruTKIM, TOPS, TRAM
DikeluarkanINKP, SMBR, JPFA, WTON, MPPA, LPCK
 

FTSE Russel, yang juga biasa disebut sebagai FTSE Group, adalah penyedia indeks pasar saham yang dimiliki seluruhnya oleh London Stock Exchange. Dulu perusahaan itu didirikan oleh Pearson, pemilik Financial Times.

Masuknya saham ke salah satu indeks manapun, akan menambah perhatian dan eksposur investor. Jika berhasil masuk ke indeks global seperti FTSE, maka perhatian investor global juga akan semakin tertuju pada saham-saham yang menjadi konstituennya.   


TIM RISET CNBC INDONESIA (irv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading