Perhatian! Saham Bergerak Akrobatik akan Diawasi OJK

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
09 August 2018 13:35
Perhatian! Saham Bergerak Akrobatik akan Diawasi OJK
Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana untuk membuat aturan untuk mengawasi saham-saham dengan pergerakan tak biasa, seperti mengalami kenaikan sangat tinggi tanpa adanya sentimen positif yang memengaruhi pergerakan tersebut.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Dewan Komisioner OJK Hoesen mengatakan pihaknya memang concern untuk mengawasi saham-saham dengan pergerakan yang tak biasa. Untuk itu akan dibuatkan aturan khusus untuk mengantisipasi hal tersebut.

"Itu persoalan kita jadi kita nanti akan ada pengaturan tapi belum ada. Tapi kita concernnya sama jangan sampai saham-saham geraknya tidak biasa," kata Hoesen di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/8).


Belakangan banyak saham yang mengalami pergerakan tak biasa, minim katalis namun saham ini terus bergerak liar bahkan sejak hari pertama pencatatan perdagangannya. Sebut saja saham PT Transcoal Pasific Tbk (TCPI) yang saat ini sahamnya disuspen bursa karena sahamnya sudah menanjak 3.037,68% sejak pencatatan sahamnya bulan lalu.

Lalu, hari ini PT Rig Tenders Tbk (RIGS) menguat 19,27% menjadi Rp 520 per lembar saham. Saham RIGS sudah diperdagangkan sebanyak 2.010 kali dengan volume 18,51 juta saham. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading