Proyeksi Ekonomi Malaysia Membaik, Ringgit Tekan Rupiah

Market - Alfado Agustio, CNBC Indonesia
16 July 2018 11:33
Rupiah melemah terhadap ringgit Malaysia siang ini, mengakhiri rentetan penguatan rupiah 4 hari berturut-turut pada minggu lalu.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kurs rupiah melemah terhadap ringgit Malaysia pada siang ini. Pelemahan ini mengakhiri rentetan penguatan rupiah selama 4 hari berturut-turut pada minggu lalu. 

Pada Senin (16/7/2018) pukul 10:40 WIB, 1 ringgit di pasar spot ditransaksikan pada Rp 3.559,18. Rupiah melemah 0,28% dibandingkan penutupan perdagangan akhir pekan lalu. 

Faktor penguat ringgit pagi ini berasal dari proyeksi positif ekonomi di Malaysia, karena Perdana Menteri (PM) Mahathir Muhammad sedang mengembalikan kejayaan ekonomi Negeri Jiran. 


Meski baru-baru ini rilis data ekonomi seperti surplus perdagangan dan produktivitas sektor industri mengecewakan, tetapi pemerintah berupaya meyakinkan pasar bahwa ekonomi Malaysia tetap stabil. 

Salah satu hal upayanya adalah melalui perbaikan kinerja perdagangan agar surplus perdagangan meningkat ke depannya. Di sisi lain, pemerintah juga berupaya meningkat aliran modal asing baik Foreign Direct Investment (FDI) ataupun dalam bentuk Portofolio. 

Data Trading Economics menunjukkan FDI di Negeri Jiran sepanjang kuartal I-2018 tumbuh 3 kali lipat mencapai MYR 11,98 miliar. Di sisi lain, aliran portofolio justru sebaliknya. Selama periode tersebut, portofolio turun 5 kali lipatnya ke posisi MYR 2,6 miliar. 

Situasi itu membuat pemerintah Malaysia pada kuartal II hingga akhir tahun, berupaya meningkatkan aliran modal asing guna menunjang rancanangan ekonomi PM Mahathir. Sikap pemerintah tersebut diapresiasi positif oleh pasar, sehingga mendongkrak mata uang mereka. 

Dari Indonesia, minimnya sentimen positif menyebabkan rupiah sulit menyaingi ringgit. Meski ada perkiraan Indonesia mencatat surplus perdagangan Juni ini, pasar global untuk sementara lebih memilih mengoleksi ringgit. 

TIM RISET CNBC INDONESIA

(ags/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading