Efisiensi, Global Teleshop akan Tutup Gerai Ritel Apple

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
10 July 2018 08:53
Efisiensi, Global Teleshop akan Tutup Gerai Ritel Apple
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Global Teleshop Tbk (GLOB) mulai melakukan penutupan dan pengalihan gerai ritel Apple, dimulai dengan tiga gerai ritel Apple miliknya kepada PT Inetindo Infocom pada tanggal 5 Juli 2018.


Menurut informasi keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), ketiga ritel Apple yang dialihkan tersebut berlokasi di Malang Jawa Timur dan dua lainnya berlokasi di Denpasar Bali.

Sebagai salah satu pemegang Apple Premium Reseller (APR) dan Apple Authorises Reseller (AAR) di Indonesia, pengalihan ritel Apple tersebut dilakukan sebagai strategi dalam melakukan efisiensi mengingat pendapatan penjualan di bisnis tersebut terus menurun.


Sehingga, pengalihan bisnis tersebut diharapkan mampu mengurangi biaya operasional perseroan secara signifikan ke depannya.

Selain itu, perseroan juga akan mengalihkan dua ritel serupa dimana satu gerai yang berlokasi di Surabaya akan dialihkan dalam waktu dekat serta satu ritel Apple lainnya akan dipertahankan sampai masa sewa di lokasi masing-masing berakhir dengan jangka waktu maksimal satu tahun.

Sehingga, dalam waktu satu tahun kedepan seluruh ritel apple perseroan (5 ritel) akan ditutup dan segera dialihkan.

Selanjutnya, meskipun tidak lagi menjadi Reseller Apple, perseroan akan tetap melakukan penjualan merek-merek Apple melalui gerai-gerai perseroan yaitu Gglobal Teleshop.
Sebelumnya, di sepanjang tahun 2017 perseroan masih membukukan rugi sebesar 14,67 miliar atau turun signifikan dibandingkan kerugian di tahun sebelumnya sebesar Rp 118,14 miliar.

Pendapatan perseroan pada periode tersebut meningkat 10,4% dari sebelumnya Rp 562,96 miliar menjadi Rp 621,53 miliar.

Pendapatan terbesar berasal dari pendapatan penjualan voucher isi ulang sebesar Rp 324,09 miliar serta pendapatan penjualan telepon seluler sebesar Rp 284,13 miliar.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading