Tingkatkan Kapabilitas, Dua Anak Usaha Elnusa Digabungkan

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
08 May 2018 09:47
Tingkatkan Kapabilitas, Dua Anak Usaha Elnusa Digabungkan
Jakarta, CNBC Indonesia - Guna meningkatkan kapabilitas dan pertumbuhan dari bisnis fabrikasi, PT Elnusa Tbk (ELSA) menggabungan dua anak usahanya, yakni PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi (EFK) yang berlokasi di Batam dan PT Elnusa Patra Ritel (EPR) yang berlokasi di Jakarta Selatan.

Melalui keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perusahaan di media massa, penggabungan tersebut juga dapat memperbesar akses PT EFK kepada sumber-sumber keuangan dalam rangka mendapatkan pendanaan untuk membiaya peningkatan kapasitas dan prospek bisnis ke depan, dan mengoptimalisasi aset yang dimiliki Elnusa Grup sehingga menghasilkan produktivitas lebih baik.

Selain itu, aksi merger yang telah mendapatkan persetujan dewan komisaris sejak 4 Mei lalu ini nantikan mampu menata dan menyederhanakan struktur korporasi di Elnusa Group sehingga mendorong efisiensi dan efektivitas kinerja.


EFK telah didaulat sebagai perusahaan yang menerima penggabungan tersebut. Nantinya, proses merger ini akan menggunakan dua pendekatan, yakni pendekatan pendapatan (income based approach) dan pendekatan pasar (market based approach).

Konversi saham dilakukan berdasarkan nilai pasar masing-masing perusahaan dari hasil penilaian. Sehingga diperoleh rasio konversi 1:181,64 (satu saham PT EFK ditukar dengan 181,64 saham PT EPR).

Sebagai informasi, saat ini 99,97% pemegang saham PT EFK adalah PT Elnusa, dan Annas Mappe Siri sebesar 0,03%, sedangkan saham PT EPR seluruhnya dimiliki oleh induk perusahaan.

Perusahaan telah menjadwalkan untuk melakukan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) untuk aksi merger ini pada 7 Juni 2018 mendatang, dan hasil penggabungannya akan diumumkan pada 1 Juli 2018.

Dengan penggabungan ini, direksi kedua perusahaan pun telah sepakat tidak akan ada aksi pengakhiran hubungan kerja untuk para karyawan PT EFK, dan tidak akan berdampak pada PT EPR mengingat perusahaan ini tidak memiliki karyawan. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading