Ini Kondisi Sektor Keuangan RI di Tengah Terpuruknya Rupiah

Market - gita rossiana, CNBC Indonesia
25 April 2018 17:30
Ini Kondisi Sektor Keuangan RI di Tengah Terpuruknya Rupiah
Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membeberkan kondisi industri jasa keuangan pada Maret 2018. Secara umum, kondisi industri jasa keuangan membaik, namun ada beberapa sektor yang belum ekspansif.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima CNBC Indonesia, Rabu (25/4/2018) pada Maret 2018, pertumbuhan kredit meningkat menjadi 8,54% yoy. Sementara itu, pertumbuhan piutang pembiayaan tercatat sebesar 6,08% yoy.

Dari sisi penghimpunan dana, Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan tumbuh sebesar 7,66% yoy. Sementara, premi asuransi jiwa dan asuransi umum/reasuransi masing-masing tumbuh sebesar 40,79% yoy dan 14,99% yoy.


Di pasar modal, penghimpunan dana di pasar modal sepanjang 2018 telah mencapai Rp 45 triliun. Total dana kelolaan investasi juga meningkat dan per tanggal 20 April 2018 telah mencapai Rp 749,76 triliun.

Di tengah perkembangan intermediasi keuangan tersebut, risiko LJK (risiko kredit, pasar, dan likuiditas) Maret 2018 berada pada level yang manageable. Rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) gross perbankan tercatat sebesar 2,75% dan rasio pembiayaan bermasalah (non performing financing/NPF) perusahaan pembiayaan tercatat sebesar 3,25%.

Sementara itu, permodalan LJK masih kuat dengan CAR perbankan sebesar 22,67% dan RBC asuransi umum dan asuransi jiwa masing-masing sebesar 322% dan 481%.

Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK Anto Prabowo mengungkapkan, pertumbuhan industri jasa keuangan sejalan dengan peningkatan pertumbuhan global dan pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan juga meningkat.

"Indikator sektor rill seperti inflasi inti, penjualan semen, penjualan motor, penjualan eceran, harga properti serta neraca perdagangan saat ini membaik secara moderat," kata dia.

Ke depan, OJK akan terus memantau dinamika perekonomian global dan dampaknya terhadap stabilitas sistem keuangan nasional.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading