Gresik Jasatama Siap Lepas 20% Saham ke Publik

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
03 April 2018 13:02
Gresik Jasatama Siap Lepas 20% Saham ke Publik
Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen PT Gresik Jasatama tengah menyiapkan perusahaannya untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui skema penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) pada semester I ini. Perusahaan akan melepas minimal 20% sahamnya ke publik.

Direktur Utama Gresik Jasatama Rudy Djaja Siaputra mengatakan saat ini perusahaan memiliki aset mencapai Rp 500 miliar. Diharapkan dengan memperoleh dana hasil IPO ini perusahaan akan melakukan pembayaran utang-utangnya.

"Sekarang memiliki satu pelabuhan di Gresik dengan total kargo mencapai 3 ton per tahun, kapasitasnya 10 juta per tahun. Biasanya yang diangkut batu bara untuk pabrik-pabrik di sekitar Jawa Timur," kata Rudy usai mini expose di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (3/4).


Perusahaan menilai dengan menjadi perusahaan publik nantinya akan memiliki sumber pendanaan yang lebih luas guna mendukung perusahaan menjadi lebih berkembang. Dana hasil IPO ini akan menggunakan dana hasil IPO ini sebesar 50% untuk pembayaran utang ke bank, sisanya untuk biaya modal kerja dan investasi.

Dia menyebutkan bahwa perusahaan berencana untuk menambah dua crane paska IPO, penambahan tersebut akan membutuhkan dana sebesar US$2 juta. Dengan penambahan tersebut perusahaan akan memiliki total crane sebanyak 12 crane dan enam dermaga.

Perusahaan akan bekerja sama dengan Ciptadana Sekuritas Asia selaku penjamin pelaksana emisi efek dalam aksi korporasinya.

Bakal Diakuisisi Pelindo III

Rudy mengatakan bahwa PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III memiliki ketertarikan untuk menjadi pemegang saham mayoritas atas perusahaan yang saat ini dipimpinnya. Namun belum jelas skema apa yang akan diambil perusahaan nantinya untuk melepas kepemilikannya kepada perusahaan BUMN tersebut.

"Mereka memang maunya masuk sampai 51%, tapi belum jelas skemanya," kata dia.

Namun dia menyebutkan masih belum jelas apakah nantinya akan menjadi pembeli siaga (stand by buyer) dalam pelaksanaan IPO perusahaan. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading