Pegadaian Berencana Lepas Saham Ke Publik Tahun 2020

Market - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 March 2018 09:52
Pegadaian Berencana Lepas Saham Ke Publik Tahun 2020
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pegadaian (Persero) berencana melepas saham ke publik melalui initial public offering (IPO). Direktur utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso mengatakan sedang mempersiapkan dengan mata aksi korporasi tersebut.

Menurut Sunarso, untuk bisa melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) haruslah memenuhi syarat yang ditetapkan dalam Peraturan Bursa. Tak pelak, Pegadaian pun sudah percaya diri dalam berinovasi.

Sunarso menyatakan bahwa tahun ini perusahaan optimistis bisa melampaui targetĀ laba bersih pada 2018 sebesar Rp 2,7 triliun. Hal ini meningkat 7,14% dari tahun lalu sebesar Rp2,52 triliun. Dengan yakin, Sunarso pun menyatakan kesiapan IPO pada tahun 2020.


"Kami persiapkan untuk IPO kalau memungkinkan tahun 2020 itu harus siap. Kalau 2019 mungkin terlalu mepet dan timing nya kurang pasĀ  kita masuk pasar," ujar Sunarso kepada CNBC Indonesia, Kamis (15/3/2018).

Dia menuturkan bahwa rencana IPO ini bertujuan untuk mengubah bisnis tersebut menjadi lebih digital. Serta mengubah culture (budaya) dengan mindset (pola pikir) era digital.

Untuk menuju IPO, Perseroan juga akan memperluas jangkauan & jenis layanan meliputi peningkatan jumlah agen, memberikan layanan online melalui mobile app, menambah produk baru seperti gadai tanpa bunga, gadai tanah syariah, dan layanan berbasis fintech.

"Transformasi ini kita siapkan untuk satu merubah bisnis model dan bisnis proses lebih modern. Kedua transformasi culture yang sejalan dengan mindset era digital. Dan pada akhirnya harus ada ukuran yakni meningkatkan value daripada company untuk itu kita harus go public," tutur Sunarso.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading