Maybank Kim Eng Tangani Emisi Obligasi Senilai Rp 3 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
13 March 2018 13:22
Total nilai emisi mencapai Rp 3 triliun, dimana Rp 1 triliun sudah diterbitkan awal ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Maybank Kim Eng Sekuritas sedang menangani penerbitan obligasi dari 10-15 perusahaan. Total nilai emisi mencapai Rp 3 triliun, dimana Rp 1 triliun sudah diterbitkan awal ini.

Presiden Direktur Maybank Kim eng Sekuritas Wilianto Ie mengatakan aktivitpenerbitan obligasi di tahun ini diperkirakan akan lebih ramai dibandingkan nilai di tahun lalu. Meski ada tekanan global yang menyebabkan pembayaran bunga lebih tinggi, tetapi pasar obligasi Indonesia akan mengalami tekanan sekeras obligasi di Amerika.

"Untuk obligasi korporat yang ada di pipeline kami sekarang ada sekitar 10-15 perusahaan, pada Januari dan Februari sudah ada tiga yang terbit, yang lainnya sedang proses. Kemungkinan nilainya sampai Rp 3 triliun," kata Wilianto di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (13/3).


Mesikpun ada wacana Bank Sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga acuan 3-4 kali tahun ini, jelas Wilianto, akan direspons Bank Indonesia (BI) dengan menaikkan BI 7Day Repo Rate satu kali tahun ini. Pemerintah dan BI akan mekondisikan kondisi makro dan kebijakan moneter untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut akan mendorong apetite korporat menerbitkan obligasi masih cukup tinggi. "Kalau bunga obligasi naik, pasti bank juga akan naik bunganya. Mau fund rising dari luar negeri juga akan sama. Jadi kita butuh pertumbuhan ekonomi tetap terjaga jadi emiten percaya dana juga ada," kata Wilianto.

Sementara itu, untuk emisi saham melalui penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO), Maybank Kim Eng Sekuritas mengatakan saat ini sedang menangani 3-4 perusahaan. Namun belum dipastikan kapan perusahaan ini akan dapat melakukan pencatatan perdana.

Dia memperkirakan tahun ini akan hampir sama dengan tahun lalu dimana akan lebih banyak perusahaan dengan skala kecil dan menengah untuk mencari pendanaan di pasar modal.
Artikel Selanjutnya

Tahun Kelam Obligasi Korporasi


(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading