Dolar Lagi-lagi Dekati Rp 13.800/US$

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
08 March 2018 16:59
Dolar Lagi-lagi Dekati Rp 13.800/US$
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah hari ini. Rupiah semakin mendekati kisaran Rp 13.800/US$. 

Pada Kamis (8/3/2018) pukul 16.00 WIB, nilai tukar rupiah di pasar spot berada di Rp 13.780/US$, lagi-lagi mendekati Rp 13.800/US$. Melemah 0,13% dibandingkan penutupan hari sebelumnya. 

Reuters
Rupiah bergerak searah dengan mata uang Asia yang kebanyakan melemah terhadap greenback. Bahkan dibandingkan sejumlah mata uang, pelemahan rupiah masih lebih rendah. 


Berikut perkembangan nilai tukar sejumlah mata uang regional terhadap dolar AS:
Reuters
Dolar AS berbalik menguat terhadap mata uang dunia setelah terkoreksi sejak kemarin. Dollar Index, yang mencerminkan posisi greenback terhadap enam mata uang utama dunia, berbalik menguat pada sore hari ini. 

Reuters
Dolar AS yang melemah sepertinya menarik minat investor terhadap mata uang ini, karena harganya yang lebih murah. Sentimen perang dagang sedikit mereda sambil menunggu kejelasan selanjutnya mengenai rencana Presiden AS Donald Trump untuk mengenakan bea masuk terhadap baja dan aluminium. 

Pelaku pasar agak kesulitan membaca sinyal kebijakan perdagangan yang akan diterapkan oleh Trump. Sarah Sanders, Juru Bicara Gedung Putih, mengatakan Trump akan menandatangani sesuatu pekan ini (kemungkinan pengenaan bea masuk impor baja dan aluminium). 

Namun kemungkinan Kanada dan Meksiko akan dikecualikan , dan bisa jadi berlaku juga untuk negara lain.
 Bila itu terwujud, maka proteksionisme tetap menang meski dengan kompromi. Investor masih menantikan detil dari kebijakan ini.
(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading