Kurs Rupiah Acuan Melemah 0,08%

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
08 March 2018 10:18
Nilai tukar acuan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini kembali melemah.
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar acuan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini kembali melemah. Rupiah bergerak seiring dengan mata uang kawasan yang melemah tipis terhadap greenback. 

Pada Kamis (8/3/2018), nilai tukar rupiah di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) berada di Rp 13.774/US$. Melemah 0,08% dibandingkan posisi hari sebelumnya. 

Reuters
Sejak awal tahun, rupiah melemah 1,5% terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sementara banyak mata uang kawasan yang terapresiasi. Rupiah pun masih belum bisa beranjak dari kisaran Rp 13.700/US$ mendekati Rp 13.800/US$. 
Reuters
Rupiah dan mata uang Asia bergerak relatif stagnan cenderung melemah terhadap dolar AS. Ini tidak lepas dari greenback yang sedang dalam posisi menunggu, menanti kejelasan arah kebijakan perdagangan Presiden Donald Trump. 


Pelaku pasar agak kesulitan membaca sinyal kebijakan perdagangan yang akan diterapkan oleh Trump. Sarah Sanders, Juru Bicara Gedung Putih, mengatakan Trump akan menandatangani sesuatu pekan ini (kemungkinan pengenaan bea masuk impor baja dan aluminium).   

Namun kemungkinan Kanada dan Meksiko akan dikecualikan , dan bisa jadi berlaku juga untuk negara lain. Investor masih menantikan detil dari kebijakan ini. 

Berikut perkembangan nilai tukar beberapa mata uang Asia terhadap dolar AS, seperti dikutip dari Reuters:
Reuters

(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading