Rampungkan Merger, Bisnis Broadband Metrodata Kian Besar

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
05 March 2018 10:45
Rampungkan Merger, Bisnis Broadband Metrodata Kian Besar
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) akhirnya resmi menggabungkan dua entitas bisnis anak usahanya. Aksi korporasi ini rampung setelah terbitnya Surat Keputusan dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Indonesia pada tanggal 1 Maret 2018.

Dalam aksi korporasi ini PT Logicalis Metrodata Indonesia (LMI) akan melebur ke dalam PT Packet System Indonesia (PSI). MTDL memiliki 49% saham di LMI, sedangkan kepemilikan MTDL di PSI sebesar 14%. Pasca peleburan dua anak usaha ini, MTDL akan memiliki 20,5% saham PSI.

"Penggabungan LMI ke dalam PSI diharapkan akan menciptakan bisnis yang lebih efisien dan kuat. Mengingat segmen pelanggan PSI terutama di bidang Enterprise sedangkan LMI terutama di bidang Small Medium Business, maka penggabungan LMI dan PSI ini diharapkan akan menciptakan suatu sinergi yang dapat memperkuat, mengefektifkan serta mengefisienkan penggunaan sumber daya, struktur modal dan sumber keuangan PSI sehingga dapat meningkatkan data saing dari PSI yang pada akhirnya dapat memberikan keuntungan kepada seluruh pemangku kepentingan dan konsnumen di Indonesia," ujar Corprote Secretary PT Metrodata Electronics Tbk, Randy Kartadinata, Senin (5/3/2018).


Dengan menjadi pemegang saham PSI sebesar 20,5%, MTDL akan dapat mengakui pendapatan bersih PSI di laporan keuangan MTDL sebagai pendapatan bersih dari entitas asosiasi. Penggabungan ini juga akan memperluas ruang lingkup usaha di bidang teknologi informasi khususnya di bidang Broadband Network dan Infrastructure System Integration, dimana diharapkan dapat memberikan nilai tambah MTDL.


Dalam perdagangan pagi ini saham MTDL diperdagangkan Rp 690/saham. MTDL telah diperdagangkan sebanyak tujuh kali dengan volume 400.500 saham. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading