Telkom Akuisisi Cellum Lewat Anak Usaha

Market - Shuliya Ratanavara, CNBC Indonesia
31 January 2018 15:31
Telkom Akuisisi Cellum Lewat Anak Usaha
Jakarta, CNBC Indonesia – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) menandatangani perjanjian penyertaan saham baru dengan perusahaan dompet elektronik asal Hungaria Cellum Global Zrt melalui anak usahanya PT MetraNet.

Dengan perjanjian ini MetraNet akan melakukan penyertaan saham baru senilai US$ 6 juta dalam dua tahap. Tahap pertama akan dilakukan dengan penyertaan saham baru ke Cellum sebesar US$ 4 juta dan menambah kepemilikan MetraNet menjadi 20,4%.

Kemudian tahap kedua dilakukan MetraNet dengan menyuntikan modal sebesar US$ 2 juta dalam bentuk saham baru. Sehingga kepemilikan MetraNet atas Cellum menjadi 30,4%.


Berdasarkan laporan keterbukaan di Bursa Efek Indonesia, penyertaan saham baru ini dilakukan Telkom untuk memperkuat portofolio perseroan di bidang telekomunikasi, informasi, media, edutainment, dan service. “Khususnya penguatan bisnis fintech Telkom Group,” seperti dikutip dari laporan keterbukaan, Rabu (31/01).

Cellum merupakan perusahaan yang memiliki bisnis dompet elktronik dan pembayaran mobile. Sementara MetraNet adalah anak usaha Telkom yang bergerak di bidang konten mobile dan media online.

Adapun dengan adanya keterbukaan ini membawa sentimen positif terhadap saham Telkom. Saham perseroan dibuka di harga Rp 3.970 per saham pada perdagangan hari ini dan mengalami penguatan sebesar 1,51% sampai perdagangan sesi II menjadi Rp 4.030 per saham. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading