Malaysia Heboh Michelle Yeoh Menang Piala Oscar, Ada Hoax

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
14 March 2023 18:18
Michelle Yeoh, pemenang penghargaan Aktris Terbaik dalam Peran Utama untuk Foto: Michelle Yeoh, pemenang penghargaan Aktris Terbaik dalam Peran Utama untuk "Semuanya Di Mana Saja Sekaligus", berpose di ruang pers selama Penghargaan Akademi Tahunan ke-95 pada 12 Maret 2023 di Hollywood, California. (Getty Images/Mike Coppola)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aktris berkebangsaan Malaysia, Michelle Yeoh, menorehkan sejarah. Wanita berusia 60 tahun ini memenangkan kategori aktris terbaik (best actress) dalam perhelatan Piala Oscar atau Academy Awards ke-95 pekan ini.

Pasca kemenangan Yeoh, muncul isu akan ada hari libur umum yang jatuh pada Rabu, 15 Maret 2023 di Malaysia. Namun isu ini langsung dibantah oleh pemerintah Negeri Jiran.

Klarifikasi dari pejabat pemerintah ini muncul setelah gambar artikel berita yang dimanipulasi dibagikan secara luas secara online. Gambar yang menyalahgunakan identitas outlet berita Malaysia The Star, menunjukkan Yeoh memberikan pidato penerimaannya setelah dia dinobatkan sebagai pemenang Academy Award untuk Aktris Terbaik.

Artikel berita palsu itu juga berjudul: "PM Anwar menyatakan hari libur umum pada hari Rabu: 'Ini adalah kebanggaan suatu bangsa!'"

"Informasi yang dibagikan melalui tangkapan layar berita yang menjadi viral di media sosial adalah salah," kata Departemen Perdana Menteri pada Senin malam. Ia juga mendesak anggota masyarakat untuk tidak menyebarkan atau berbagi informasi palsu atau belum dikonfirmasi, malansir Channel News Asia (CNA).

Star Media Group, yang memiliki portal online The Star, juga memberi klarifikasi tentang gambar palsu tersebut pada Senin malam. Perusahaan menyebut gambar tersebut bukan dari liputan berita aktual The Star.

"Telah menjadi perhatian perusahaan bahwa sebuah gambar, yang menggambarkan gambar yang dimanipulasi yang menyalahgunakan identitas The Star, beredar di media sosial," katanya.

"Pemeriksaan di bagian Gaya Hidup portal The Star, yang menampung kategori Hiburan, mengonfirmasi bahwa tidak ada artikel semacam itu yang dimuat di tengah banyaknya berita tentang kemenangan bersejarah Aktris Terbaik Yeoh di Oscar 2023," kata perusahaan itu.

Yeoh pada hari Senin dinobatkan sebagai Aktris Terbaik di Oscar karena memerankan karakter Evelyn Wang. Ini merupakan karakter dalam film fiksi ilmiah berjudul Everything Everywhere All at Once.

Wanita berusia 60 tahun ini adalah aktris Malaysia dan Asia pertama yang memenangkan penghargaan tersebut dalam 95 tahun sejak Academy Awards diselenggarakan. Aktris kelahiran Ipoh ini menyisihkan sesama nominasi Cate Blanchett (Tar), Ana de Armas (Blonde), Andrea Riseborough (To Leslie) dan Michelle Williams (The Fabelmans).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Michelle Yeoh Aktris Terbaik, Ini Daftar Pemenang Oscar 2023


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading