Jokowi Rapat Bahas Piala Dunia U20 Tahun 2023, RI Sudah Siap?

Lifestyle - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
25 January 2023 18:25
Presiden Joko Widodo menerima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 1 November 2022. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden) Foto: Zainudin Amali (Dokumentasi BPMI Setpres)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo memimpin rapat terkait dengan pelaksanaan kegiatan olahraga nasional dan internasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/1/2023). Salah satu yang dibahas adalah pelaksanaan Piala Dunia U20 pada 20 Mei-11 Juni 2023.



Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, mengungkapkan beberapa agenda yang dibahas dalam rapat seperti persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U20-2023, ANOC World Beach Game 2023, dan PON 2024 di Aceh dan Sumatra Utara.

"Secara keseluruhan ini sudah dalam kondisi siap, tinggal ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian kita," katanya dalam konferensi pers, Rabu (25/1/2023).

Hanya saja, menurut Amali, ada beberapa catatan yang masih harus dilakukan. Seperti untuk penyelenggaraan FIFA U20 World Cup tadinya tidak ada acara opening ceremony dan closing ceremony, namun saat ini sudah disetujui oleh FIFA.

"FIFA sudah setuju dan perlu mendapatkan persetujuan oleh bapak presiden. Selanjutnya tidak ada masalah lagi karena sudah jalan. Kementerian PUPR juga sudah menjalankan apa yang menjadi tugasnya untuk merenovasi stadion dan tempat itu," kata Amali.

Adapun enam stadion yang akan digunakan adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Jakabaring (Palembang), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Amali juga mengungkapkan dampak menjadi tuan rumah Piala Dunia U20-2023 ini memberikan kesempatan tim nasional sepak bola RI berkesempatan main di level dunia, begitu juga dampak ekonomi dan wisata. Hal itu juga memberikan poin besar terhadap peluang RI menjadi tuan rumah piala dunia level senior.

"Value yang paling kuat adalah kalau kita sukses melaksanakan U20 World Cup jadi poin besar kita kalau akan bidding jadi tuan rumah FIFA World Cup untuk senior. Itu tidak terhitung nilainya," tuturnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Daftar Harga Tiket Pesta Bola Dunia 2022


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading